Ketupat Glabed dan Ketupat Bongkok Kuliner dari Tegal

Kupat GlabedAda lagi kuliner khas Tegal yang wajib dicoba, yaitu Ketupat Glabed dan Ketupat Bongkok.Ketupat/ kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed!

Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang.

Warung yang menjadi favorit adalah di depan Stasiun Besar Kota Tegal.

 

Berikut beberapa fotonya:

kupat glabed

Kupat Glabed

sate kerang

Sate Kerang

Kupat Bongkok

kupat bongkokKupat Bongkok yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, seberang kantor PLN adalah ketupat sayur khas yang berasal dari Desa Bongkok, di sebelah Timur kota Tegal. Kupat Bongkok memakai lontong, ditaburi tauge rebus, sambal goreng yang dibuat dari krupuk mi, lalu disiram dengan kari tempe yang berkuah, dan diberi topping kecap manis.

Tempenya adalah tempe semangit, yaitu transisi antara tempe dan tempe busuk. Tempe disimpan selama dua hari sebelum dimasak dengan bumbu kari tanpa santan. Rasanya memang sangat khas. Karena itu jangan heran, sekalipun warungnya di bawah pohon di pinggir jalan, pelanggannya datang dengan mobil mewah. Kebanyakan penjual Kupat Bongkok yang lain masih mendorong gerobak dagangannya keluar-masuk kampung.

Sumber:

http://tegalkota.go.id/index.php/component/content/article/20-makanan-khas/97-kupat-glabed.html

http://www.tegalkotabahari.cc.cc/s1p_Kupat_Glabed_285138

http://tegalcyber.org/kupat-glabed-kupat-terenak-sedunia-t-1100.html

http://tegalmetropolis.multiply.com/journal/item/24

© 2011, InfoTegal. All rights reserved.