Jajanan Olos

Jajanan Olos

Jajanan OlosOlos adalah makanan yang berbetuk bulat, yang kulit luarnya menggunakan tepung kanji sehingga berasa kenyal dan dalamnya berisi berisi sayuran seperti kol dan lainnya rasanya khas yaitu pedas. Jadi jangan kaget apabila Anda menemukan potongan cabai rawit di dalamnya.

Jajanan OlosOlos lebih banyak ditemukan di daerah Kabupaten tegal, terutama di Slawi dan Adiwerna. Lokasinya un cukup mudah, biaasanya ada di depan sekola-sekolah, Seperti SMA N 2 Slawi, SMP N 1 Adiwerna, SMA N 1 Slawi dan lain-lain.

Biasanya Olos disajikan selagi hangat. Dan rata-reta penjual Olos juga menjual penganan lainnya seperti tahu aci, bakwan, dan gorengan-gorengan lainnya.

22,371 total views, 1 views today

Related posts

  • dinarizkyana

    ohhhh. olos khas sini toh?
    di tegalsari olos ga ada isi * tapi kok ini ada ya? aha! kreatifan tersndiri *.
    biasa mangkal di perempatan kelurahan tegalsari kalo tidak salah

    admin, pilus, bedot *glotak* , orog-orog makanan khas tegal juga kan? mungkin bisa ditambahin 🙂 *pengin tau*

    • bisa, tapi cari referensinya agak susah.palingan ya cerita tentang rasa, bahan, dll 😀

  • heppy yunarko

    kl olos yg dalamnya isi ayam Pedas gmana yah..?? pasti laku berat tuh..!! <:

    • Kalau harganya masih terjangkau ya kenapa tidak? 🙂

  • Archipelago

    owh itu toh yang namanya olos… jadi penasaran nie gimana rasanya, hehehhe… let’s hunting…

    • Rasanya pedas2 gurih 🙂
      Coba aj 🙂

    • yunda

      rasa’e enake poor
      apa lagii kalo di makan pas hujan2…anget2 gmna gtuuhh 😀

  • Saya akan menceritakan makanan fovorit saya ini:
    Olos, memang betul ini makanan asalnya dari (kab.) Tegal khususnya antara daerah Adiwerna-Slawi, rasanya memang khas dan dijamin (waktu sekarang) ga bakalan bisa ditemukan di daerah lain selain (Kota/kab.)Tegal.

    Kalau masalah harga memang terjangkau……
    sebagai contoh di prempatan Jl. Hangtuah Tegal sari, dijual Rp.1000 dapat 3 biji…..
    Nah, sama di Pagongan (seb.utara Kodim) sepanjang jalan Raya Pagongan juga dihargai yang sama seperti di Tegalsari……..

    Yang belum mencoba silakan coba ! Rasakan sensasi pedasnya………!

  • Edo septianu

    mw nanya nieh. . olos itu jajan yang gimana knpa dinamain olos yah, dan cara buatnya gimana . .
    lo leh tau prospek yang beli olos itu seberapa. dan penasaran saya, knpa, , ,

    • Mungkin sebaiknya tanya langsung ke penjualnya 🙂

  • ade

    mantep john olos.. sung yakin.. sengertine nyong, olos asale sekang jatirawa – banjaran. neng kono paling laris olose. rasane gurih, pedes, mantep wis pokoke.. sing penting aja mangan esuk2 yen durung sarapan, mgko wetenge mules.. ehehehehe..
    yen ora salah regane 1000 olih 4.
    sing tuku akeh2e bocah sekolah, terutama wong2 sing doyan karo pedes. penasaran? jajal bae..

  • info makanan

    Tempat jual olos yg enak ada diJl. Halmahera – Tegal (gerbang UPS Tegal)
    ada rasa original sama ayam pedas
    buka jam 5 sore…
    buruan cobain pasti ketagihan

  • Gilang Saputra

    Olos paling di daerah desa jatirawa dan pengiringan banjaran adiwerna, mantap rasanya dan pedasnya.

  • ojhan brebes

    ora enakk beee…enak endog asin owh….

  • Wahhh…..
    sing jenenge olos kwi sekali mangan mesti pengin maning lan maning….
    apa maning sing nang jatirawa keh cengise glonggongan alias ra di iris dadine matep men….
    sing rung nyoba ya cpt goleti neng daerah slawi keh sing dodol mrelek men….
    pi sing ra bysa mangan pedes ja coba coba soale olos kwe pedese ra karuan…..

  • hamdan

    jare-jare tah rasane maknyus……..

  • beny

    olos memang maknyus. rasane bkn ketagihan

  • masalah rasa selera masing2 tp klo mau yg lebih berasa datang aja ke jl. halmahera yg deket grbang ups kota tegal, klo ente2 ga ngocaba nyesel. Trus disana dijual bahan dasar pembuatannya, bagi anda yg berminat bisa pesen untuk jualan sendiri. Prospek keuntuangan bisa sampai 100-200rb per hari (laba bersih bro). kebanyakan olos disana sini adonanya dimakan keras tp di jl. halmahera rasanya soft…coba bro prospek laba besar. masalah harga murah…

  • Enny

    ada yang tau ga resep membuat olos…pengen berkarya nih dirumah…

  • fany wr

    siapkan bahan-bahan yang kita butuhkan seperti :
    1. kol
    2. cabe rawit
    3. bawang putih
    4.bawang merah
    5. garam
    6. penyedap rasa
    7.tepung kanji
    8. tepung terigu
    9.Air
    10. minyak goreng

    untuk membuat adonan kulitnya pertama-tama siapkan tempat untuk menguleni adonan, masukan terigu kira-kira 1/2 kg dan tepung kanji kira-kira 1/4 kg atau tergantung selera, kemudian untuk bumbu adonannya cukup menggunakan 2 siung bawang putih yang sudah digerus dan jgn lupa tmbahkan, garam dan penyedap rasa secukupnya, serta tambahkan air secukupnya pastikan adonan tersebut tidak keenceran agar adonan tersebut dapat di bentuk/dibulatkan, untuk isi nya kita siapkan 4 kol atau tergantung selera,pertama2 cuci kol tersebut hingga bersih kemudian potong-potong kol tersebut memanjang atau potong seperti memotong sayuran pd bakwan, kemudian kita buat bumbu untuk membumbui kol tersebut siapkan cabe rawit secukupnya/tergntung selera, bawang merah , bawang putih dan garam secukunya gerus semua bahan-bahan bumbu tersebut, setelah selesai digerus panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu-bumbu tersebut, setelah minyak mulai panas masukan semua bumbu-bumbu yang sudah digerus tersebut dan setelah baunya mulai harum masukan kol yang sudah dipotong-potong tadi ke dalam bumbu dan oseng-oseng hingga kol tercampur dgn bumbu, setelah kol tercampur dgn bumbu matikan kompor lalu angkat dan diamkan beberapa menit smpe isi olos tersebut tidak pns,lalu ambill adonan untuk kulit olos secukupnya dan isi adonan dg kol tersebut lalu bulatkan, panaskan minyak goreng hingga panas setelah minyaknya panas goreng adonan yang telah dibulatkan tersebut, angkat olos tersebut jika sudah berwrna kecokelatan/sudah matang. SELESAI SILAKAN MENCOBA….ini olos versi fany bkn olos versi jatirawa jadi rasanya agak beda Cos amatir^^

    • Imung

      Pengin nyoba game dewek tapi adonan sing kanggo mbungkus carane priben?

  • mas gagah

    di depan SMA 1 slawi olosnya juga pake ayam ko

  • dwi asmoro

    sejarah singkat oLos jatirawa,,mrt nyi kasti (60)seorang penjual oLos yg bertempat di sebelah balaidesa jatirawa,,oLos berasal dari kata risoLes,adapun perubahan nama tsb diperoleh dari seorang anak kls 2 SD yg ketika membeli risoles tdk bissa menyebutkan namanya melainkan menyebut dng sebutan oLos,adapun perubahan bentuk yg tadinya panjang mjd bulat dikarenakan jumlah pembeli yg sangat banyak shg utk menyingkat waktu dibuatlah dgn bentuk bulat bulat,,(radar jatirawa)3-4-12.

  • nay

    pondok olos dan poles jln.datuk khafi no.36 desa pagongan tegal …
    rasa.ne mantepp jhon, coba kehhhh..

  • nino

    enak kayane yah?aku durung pernah mangan olos ,ngesuk tukulah

  • yunda

    kalo qw lebih suka di slawi rasa’y kenyal dan gurihh,,,
    kangenn sama jajanan oloss yg tepatnya di trayeman ituh,,,
    kalo saya di kampung pasti jajanan yg pertama x qw datengin olos…
    rasa’e nguangeniii poorrrr 😀

    jgn ampee ngga nyobain yahh,,,haruz nyoba oke (Y)

  • azizah

    olos yang paling mantep pedass nya itu d.depan SMP 1 Talang di jamin keringet keluar semua .karena pedasnya itu bukan cuma dri isi olos tersebut ,melainkan d.tambah dengan taburan bumbu cabai merah d.luarnyaa .maaantaabb