Asal-usul Monumen Jos Soedarso di Tegal

Ada yang ingat lokasi Monumen/ Patung Jos Soedarso/ Yos Soedarso ? yup betul, lokasinya ada di Jl. Pemuda. Tepatnya di depan Gedung DPRD Kota Tegal. Monumen ini didirikan sebagai penghormatan bagi para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Laur Aru tanggal 15 Januari 1962. Dalam pertempuran yang penuh heroik itu gugur Deputi Kasal Komodor Jos Soedarso, Kapten Laut Wiratno, Kapten Laut Memet Sastrawiria, Letnan Muda Tjiptadi dan  21 orang anak buah kapal KRI Macan Tutul lainnya. Disamping itu pembangunan monumen di kota Tegal ini juga bermaksud untuk mengenang jasa-jasa para pahlawat laut yang telah berjuang di kota Tegal pada masa Perang Kemerdekaan.

Tegal merupakan kota pantai serta pelabuhan yang cukup strategis di pantai utara Jawa. Di kota ini pada awal kemerdekaan telah dibentuk BKR Laut yang kemudian berkembang menjadi pangkalan-pangkalan ALRI yang mempunyai kekuatan yang besar. Dalam perkembangannya, pangkalan ALRI IV Tegal berubah menjadi Corps Armada IV Tegal.

Monumen tugu Jos Soedarso dibangun pada tahun 1968 di kota Tegal, Jawa Tengah dan terletak di pinggir jalan utama di depan Balai Kota Tegal. Diresmikan pada tanggal 15 Januari 1959 oleh Deputy Khusus Laksamana Muda Laut Suharno bertepatan dengan peringatan Hari Dharma Samudera.

Tugu berupa piramida yang terpotong dibuat dari beton yang dibagian luarnya dilapisi marmer hitam dan dibagian atasnya dibangun dukungan patung segi empat yang merupakan leher tugu. Bagian puncak tugu ini adalah patung dada Komodor Jos Soedarso yang dibuat dari bahan perunggu. Tinggi keseluruhan tugu mencapai 9 meter dan terletak pada areal seluas 49 meter persegi. Patung menghadap ke utara arah Laut Jawa, di bagian tengah depan terdapat simbol ALRI dan dibawahnya terdapat nama-nama Pahlawan Laut Aru yang gugur serta prasasti peresmian yang berbunyi :

“ Monumen Jos Soedarso diresmikan oleh Panglima Angkatan Laut Laksamana Laut Moeljadi, Tegal tanggal 15 Djanuari 1959 “.

Patung ini dibuat oleh seniman Sapto Hudoyo dari Yogyakarta.

Sumber:

http://wwww.tnial.mil.id/tabid/450/ctl/ArticleView/mid/1356/articleId/356/MONUMEN-JOS-SOEDARSO-TEGAL.aspx

7,182 total views, 2 views today

Related posts

  • bambang iswanto (jiwing)

    Disebelah utara Patung Jos Sudarso ada jangkar yang sangat besar apa ya hubungannya dengan jangkar besar yang ada tepat didepan kantor polisi Kota Tegal sebelah utara Balai Kota Tegal ?