Mengenal Chef Muto

chef MutoLekaaaaa… wataw…

Mungkin kata-kata tersebut sering kita dengar di televisi. Benar, di acara Kungfu Chef Global TV. Namun siapa sangka yang menjadi host atau chefnya adalah seseorang yang lahir di Tuwel – Bojong? Dialah Chef Muto. Atau nama aslinya adalah Mutofik Sultoni.

Pria yang lahir pada 25 November 1979 ini sudah banyak melalang buana menjadi Chef di berbagai tempat sebut saja Cafe Jimbaran, Akasaka Mas jakarta, midori jappanese restaurant, Konomi Jappanese chef, sausage world Jakarta, Voyage Hotel (Antalya, Rusia), Ela Quality Resort Hotel (Antalya, Rusia). Walaupun begitu, dia tidak sungkan menggunakan Bahasa Tegal. Sesuatu hal yang patut kita contoh.

Chef Muto yang pernah duduk di SMA N 1 Bojong ini juga menguasi Turki dan Rusia. Pada saat masih kecil, cita-citanya menjadi seorang polisi atau marinir. Untuk hobi memasaknya sendiri sudah ada sejak kelas 6 SD. Jadi jangan heran apabila sekarang beliau menjadi seorang chef.

Chef Muto berasal dari keluarga yang terbiasa hidup sederhana. Pada saat kecil  Chef ini terbilang bandel. Hobinya saat kecil adalah mencari kayu dan ngarit (mencari rumput).

Pada tahun 2001 juga pernah mengikuti kontes L-Man dan masuk hingga 10 besar.  Selain itu juga pernah meraih ISO Kebersihan Kitchen dan mengikuti lomba Chef Star Turki.

Chef Muto merupakan lulusan Universitas Ankara di Turki tahun 2011, Sastra Rusia. Awal menjadi chef di Indonesia belajar dari resto ke resto. Chef Muto tinggal di Turki hingga 5 tahun. Masakanya pun di gemari Mentri Ekonomi Turki Zafer Caglayan.

Kenapa menggunakan nama Muto? Itu karena orang – orang Turki susah menyebutkan Mutofik jadi disingkat menjadi Muto. Nama Muto juga kebetulan persis dengan nama depan Ibu (MUrnaeni) dan bapaknya (TOni).

Menarik bukan pribadi dari Chef Muto? Jika ingin mengenalnya lebih dekat, bisa mention ke @chefmuto

Sumber:

http://www.facebook.com/chefMuto

Dan obrolan via DM 🙂

12,808 total views, 21 views today