Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KPPD) Karang Jeruk

baby GTKarang jeruk? Mungkin tidak banyak yang mengenalnya. Namun bagi para Angler (pemancing), Karang Jeruk merupakan salah satu spot pemancingan yang diperhitungkan. Untuk wilayah Tegal, terkenal dengan ikan kakap putihnya  (barramundi). Untuk beratnya bervariasi, mulai 0,5 – 24,3 kg. Ikan ini memiliki kemampuan tarung yang tinggi, sehingga menjadikan target prestisius para Angler.  Selain ikan kakap putih, ada juga barakuda, tengiri, talang – talang, kakap merah, kerapu,  dan ikan jenis lainnya. Jadi tidak salah kalau Karang Jeruk merupakan habitat ikan di Pantai Utara Jawa.

Karang Jeruk ini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Untuk menuju ke sana, bisa dimulai dari Dermaga Muarareja dengan menyewa perahu mesin dari masyarakat sekitar dengan harga mulai dari Rp. 300.000. Perahu – perahu di sini rata-rata dalam kondisi prima, karena sering digunakan para nelayan untuk melaut sehari – hari. Di Dermaga ini pun kita bisa membeli udang hidup sebagai umpan. Dari dermaga, lokasinya 3 mil di utara kota atau 3 mil dari Pantai Larangan. Kira-kira lama perjalanan sekitar 45 menit.

Karang Jeruk merupakan gugusan karang laut dengan panorama yang menjanjikan dengan kedalaman sekitar 8 hingga 10 meter dengan luas sekitar 53.460 hektare. Apabila tidak terlalu suka dengan memancing, Anda bisa mencoba untuk snorkling atau diving untuk melihat ratusan ekosistem yang ada di bawah laut. Dijamin, Anda akan takjub melihat keanekaragaman hayati yang ada di Karang Jeruk.

Dari hasil survei lapangan oleh Portal Konservasi Laut Indonesia, koloni karang penyusun terumbu karang di Perairan Karang Jeruk tersebut pada umumnya adalah karang massif (CM) dari family Faviidae dengan genus Diploastrea, dan dari family Poritiidae dengan Genus Po.

Dari semua yang ada di Karang Jeruk, maka patutlah menjadikan Karang Jeruk menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat mengasyikan yang perlu Anda coba. Namun tetap harus menjaga kelestarian lingkungan ya 🙂

Lokasi:

Koordinat: 6°48’41″S   109°12’9″E

Sumber:

Suara Merdeka

michaelrisdianto

2,442 total views, 1 views today