Pilus Ganepo, Kuliner Khas Tegal

pilus ganepoMungkin kuliner ini terasa asing bagi yang baru pertama kali mendengarnya, namun sebenarnya hampir sama dengan Kacang Atom yang dijual dipasaran. yang membedakan pilus isi kacang ini dengan kacang atom adalah dari segi tekstur dan warna, tentu saja rasa.

Untuk tekstur dari pilus ganepo ini cenderung kasar dan bulatannya tidak bulat sempurna. Sehingga terkadang kita bisa menemukan pilus dengan bulatan yang lonjong dan sebagainya. Untuk isinya, masih kacang, namun kacang yang digunakan warnanya lebih gelap. Sedangkan untuk rasanya, jangan ditanya, lebih gurih dan rasanya tidak seperti kerupuk. Jadi cocok untuk camilan atau lauk makan.

Sentra penjualan pilus ini banyak ditemukan di wilayah Bogares dan Benjaran. Apabila kita membelinya di Pasar Tradisional biasanya masih berukuran “bal” atau satu bungkus besar. Dan tentu saja harganya sangat murah.

Camilan ini biasanya dijadikan oleh -oleh bagi sanak saudara yang ada di luar Tegal. Selain rasanya yang enak, camilan ini juga bisa menjadi pengobat rindu kuliner – kuliner khas Tegal.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

6,607 total views, 4 views today