Buku Semangat Orang-orang Tegal

Buku
Semangat Orang-orang Tegal

Semangat orang-orang Tegal merupakan buku yang disusun oleh Prof. Dr. Abu Su’ud ini diterbitkan pada tahun 2003 atas kerjasama Pemerintah Kota Tegal dengan Masscom Media. Isi buku ini bukan terbilang baru karena buku ini merupakan penyajian kembali dari buku Tegal dari Masa ke Masa karya R. Suputro (walikota pertama Tegal) yang dibuat lebih komunikatif dan menggunakan EYD.

Kata Pengantar dari buku Semangat Orang-orang Tegal ini diisi oleh Adi Winarso, S.Sos, walikota Tegal periode 1999 – 2004. Buku yang terdiri dari 166 halaman ini terdiri dari empat bagian dan dua Appendix yang sangat menarik untuk dibaca.

Bagian I

Pada bagian ini berisi pengenalan awal, yaitu keadaan  kehidupan penulis dan refleksi penulis tentang ciri khas kehidupan sosial ekonomi masyarakat Tegal.

Bagian II

Di bagian kedua ini mulai masuk sejarah-sejarah Tegal, seperti siapakah Mbah Panggung, masuknya agama Islam di Jawa, Amangkurat I, masa kekuasaan Belanda, pendudukan Jepang, kemerdekaan, dan misteri dibalik nama atau makna sebuah nama bagi orang Tegal.

Bagi yang ingin mengetahui siapakah Mbah Panggung, pada bagian ini banyak sekali diceritakan siapakah Mbah Panggung dari banyak versi. Bahkan pada bagian in juga disertakan Suluk Marang Sumirang.

Pemberontakan Kutil yang sangat bersejarah pun dikupas pada bagian ini.

Bagian III

Bagian ketiga di buku ini menceritakan mengenai semangat orang-orang Tegal pada jaman dahulu.  Yaitu seperti peristiwa pengibaran bendera merah putih di Gedung SCS Tegal (eks UPS Tegal), semangat berpolitik orang-orang Tegal, dan lain sebagainya.

Bagian IV

Bagian terakhir pada buku ini lebih banyak membahas mengenai catatan kritik buku Semangat Orang-orang Tegal yang sangat menarik untuk disimak dan bisa menjadi pengetahuan tersendiri bagi si pembacanya.

 

Di manakah kita bisa mendapatkan buku Semangat Orang-orang Tegal ini? Buku ini ada di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tegal Jl. KH Akhmad dahlan No. 12 Tegal.

Bagi yang ingin memperdalam sejarah Tegal, buku ini bisa menjadi salah satu referensi buk untuk menambah pengetahuan. Selamat membaca 🙂

3,024 total views, 2 views today