Kantor Semarang-Cheribon Stoomtram Matschappij (SCS) / Birao Tegal

scs
Gedung SCS / Birao

Gedung Kantor Semarang-Cheribon Stoomtram Matschappij (SCS) / Birao Tegal / gedung bekas UPS (Universitas Pancasakti) Tegal ini berlokasi di depan Stasiun Tegal atau Jl. Pancasila No. 2 Kota Tegal. Gedung ini didesain sekitar tahun 1910-an oleh Henri Maclaine Pont (1884-1971) seorang arsitek kelahiran 21 Juni 1884, di Meester Coenelis, Jatinegara-Batavia yang tidak lain menantu Ir. J. Th Gerlings, direktur SCS. SCS sendiri adalah Perusahaan Perkertaapian Semarang-Cirebon pada zaman kolonial Hindia Belanda tahun 1897-1914.

Station Tegal 1918
Gedung Birao (sebelah kiri) dan Stasiun Tegal tahun 1918

Bangunan dengan empat lantai ini berdiri memanjang dari timur dan barat, maksudnya adalah agar matahari pagi bisa masuk dan sirkulasi udara menjadi baik. Bahan yang digunakan juga dari alam dan pada proses pembuatannya melibatkan penduduk pribumi.

Pada masa setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya tanggal 10 September 1945, gedung ini menjadi saksi pergerakan orang-orang Tegal dalam memerangi penjajahan yaitu dengan mengibarkan bendera Merah Putih yang pada saat itu dilarang dikibarkan. Konon kabarnya, pada saat pengibaran bendera, gedung ini dikibarkan dan dijaga ketat oleh M. Yunus dan rekan rekan Pekerja KA dengan pengawalan rakyat Kota Tegal dengan bersenjatakan alat pertanian dan senjata seadanya.

Kemudian pada tahun 1980 ditempati oleh UPS Tegal sebagai kampus II. Lantai yang digunakan yang melingkupi lantai 1 dan lantai 2. Pada lantai 1 digunakan sebagai tempat administrasi dan lantai 2 digunakan tempat perkuliahan dan praktikum.

Setelah kontrak UPS Tegal habis, kini gedung Birao dibiarkan begitu saja, padahal apabila dikelola dengan baik bisa menjadikan aset wisata yang sangat bagus. Beredar kabar, pada tahun 2012, di gedung ini akan digunakan untuk Pusdiklat Teknik Jalan Rel, namun hingga sekarang belum terealisasi.

Memang, bangunan ini kalah terkenal dengan Lawang Sewu Semarang atau NIS (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij), namun keberadaannya menjadikan kebanggan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

[mappress mapid=”25″]

Sumber:

Foto oleh blue book, a1-bledhoz

Wikipedia

Semangat Orang-orang Tegal

Tegal Berjuang

3,357 total views, 1 views today