Kuliner Ponggol dan Ponggol Setan, Pilih Mana?

Ponggol
Ponggol dan Pongset

Ponggol dan Ponggol Setan (Pongset) siapa sih yang tidak kenal? Kedua kuliner ini salah satu kuliner yang menjadi andalan untuk mengisi perut yang keroncongan. Di kota lain, biasa menyebutnya dengan nasi bungkus, jika di Jogja hampir sama dengan nasi kucing. Meskipun hampir sama dengan nasi bungkus / nasi kucing, namun yang menjadi perbedaan utama adalah lauk utamanya, yaitu sambel goreng tempe dan yang pasti porsi nasinya.

Ponggol dan Pongset namanya sekilas sama, namun ada banyak perbedaan menarik yang bisa kita bahas di sini. Apa saja perbedaannya? Yuk kita bahas satu persatu:

Ponggol

ponggol
Ponggol

Ponggol, kuliner yang biasa disantap pada pagi hari ini menjadi idola warga Tegal. Tidak heran, bagi yang merantau ke luar kota pasti akan kangen dengan kuliner yang satu ini. Meskipun sederhana, dengan lauk sambal goreng tempe namun berhasil menarik minat para pencari sarapan praktis di pagi hari.

Tidak hanya sambel goreng tempe saja, namun biasanya ada tambahan seperti mie, tauge, kerupuk mie atau kerupuk udang yang diremas, atau biasanya dengan oseng-oseng labu. Yang membuat lebih nikmat, nasi dan lauk tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Sehingga aromanya menjadi lebih sedap. Namun kini karena mengedepankan kepraktisan, beberapa pedagang menggunakan kertas minyak untuk mengganti daun pisang tersebut.

Setiap desa pasti punya penjual Ponggol sendiri. Jadi tidak sulit untuk menemukannya, terlebih jika jam – jam 05:30 – 06:00, sudah banyak yang antri.

Ponggol Setan (Pongset)

pongset
Ponggol Setan

Pongset sebenarnya sama dengan Ponggol biasa, namun yang membedakannya adalah lauknya yang cenderung macamnya lebih banyak dan rasanya juga lebih pedas. Namun tetap tidak meninggalkan sambal goreng sebagai menu utamanya.

Kenapa disebut Ponggol Setan? Karena rata – rata Pongset dijual pada sore atau malah hari. Sama dengan jam pada saat setan keluar 😀 Namun karena banyak peminatnya, Pongset kini juga bisa ditemukan juga pada pagi atau siang hari.

Sebagai tambahan informasi, Pongset banyak dijual di daerah sekitar Kota Tegal. Jika di Kabupaten Tegal relatif sulit untuk menemui kuliner yang satu ini

 

Jadi mau pilih mana? Ponggol atau Pongset?

 

 

 

9,489 total views, 5 views today