Perayaan Sejit YM Kongco Ceng Gwan Cin Kun 2564/ 2013 di Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

Perayaan
Perayaan Sejit YM Kongco Ceng Gwan Cin Kun

Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal (Jl. Gurami No. 4 Kota Tegal) hari minggu kemarin, 30 Juni 2013 melakukan perayaan Sejit YM Kongco Ceng Gwan Cin Kun 2564/2013. Perayaan tersebut berupa perayaan kirab sambil mengusung patung dewa di atas tandu. Sebelum perayaan dimulai, seluruh peserta melakukan upacara sembahyang terlebih dahulu. Setelah prosesi sembahyang selesai, tepat pukul 15:00 WIB, dinyalakan petasan terlebih dahulu sebelum memulai prosesi gotong Toa Pe Kong atau orang Tegal biasa menyebutnya” Tepekongan”.

AngpaoAcara kali ini diikuti oleh sekitar 40 perwakilan klenteng  dari seluruh Pulau Jawa. Jadi bisa dibayangkan betapa ramainya acara tersebut. Adapun rute gotong Toa Pe Kong yaitu di Jl. Veteran РJl. A. Yani Kota Tegal. Acara ini juga diramaikan dengan pertunjukan Liong dan Barongsai.

Silih berganti para peserta menggoyang-goyangkan tandu yang berisi patung dewa. Tak ketinggalan pula Walikota Tegal, Bapak H. Ikmal Jaya ikut menggotong tandu tersebut. Acara ini dilaksanakan hingga malam hari.

Perayaan Sejit ini memberi rejeki tersendiri bagi para pengusaha hotel atau kuliner di Kota Tegal, khususnya di sekitaran Klenteng Tek Hay Kiong. Karena pada hari tersebut hotel dan penginapan penuh dipesan para tamu dari luar kota.

Ketua Yayasan Tri Dharma Tegal (YTDT) Kwee Hong Koen pada kesempatan ini menyampaikan kehadiran tamu dari penjuru kota datang dalam acara Sejit, adalah semata berharap beroleh keberkahan, keselamatan, dan dijauhkan dari segala mara bahaya dan bencana.

Perayaan Sejit

Perayaan Sejit

Perayaan Sejit

Perayaan Sejit

Perayaan Sijit

Perayaan Sejit

Sumber: Radar Tegal 1 Juli 2013

Terima kasih kepada @TikaSesil dan @CatmonCatmon

1,668 total views, 1 views today