Tradisi Prepegan di Tegal

image

Prepegan adalah salah satu tradisi yang terkenal di Tegal. Bagaimana tidak, tradisi ini hanya ada saat di bulan puasa menjelang Hari Raya Idul Fitri. Prepegan adalah salah satu tradisi berbelanja untuk kebutuhan hari raya. Untuk lokasi belanja bisa di pasar tradisional, supermarket atau pusat perbelanjaan lainnya.

Ada dua Prepegan, yaitu Prepegan Cilik dan Prepegan Gede. Untuk Prepegtan Cilik biasanya H-2 dan Prepegan Gede H-1. Jadi bisa dibayangkan bagaimana pusat – pusat perbelanjaan akan sangat ramai. Terlebih sanak saudara yang berada di perantauan juga biasanya ikut serta dalam tradisi Prepegan ini.

imageYang biasanya dibeli ketika tradisi ini adalah seperti anyaman ketupat, daging – dagingan, beras, prasel, sandang, dan barang – barang sembako lainnya. Yang lebih menarik adalah apabila kita melihat tradisi ini di pasar Tradisional di daerah Kabupaten Tegal Bagian Selatan, terutama yang berada di dataran tinggi. Di mana banyak warga dari pegunungan yang turun gunung sambil membawa barang – barang yang akan diperjual belikan. Yang sering di bawa adalah ayam, kambing, kayu bakar, dan lain sebagainya.

Prepegan tidak hanya di kenal di Tegal saja, di Brebes juga mengenal tradisi ini. Jadi jangan kaget apabila arus lalu lintas dialihkan. Namun tidak usah khawatir dengan adanya Prepegan ini, yang penting tetap hati-hati  dalam berkendara dan berbelanja

2,133 total views, 1 views today