Galeri Motif Batik Tegalan (Bagian 1)

Batik tegalanTegal tidak hanya dikenal dengan kuliner dan medoknya, namun juga batiknya. Motif batik Tegalan lebih banyak ke motif flora dan fauna. Untuk corak, motif, dan dominasi warna batik Tegal tidak lepas dari pengaruh Kardinah. Berikut motif batik Tegalan dan penjelasannya:

 

 

 

 

1. Motif Beras Mawur

Beras Mawur

Nama motif beras mawur diambil dari bentuk pacitan yang dibuat yaitu berupa titik-titik putih seperti beras tumpah (beras mawur). Pembuatan godongan-nya (bentuk daun) adalah ambringan atau daun ambring yang dikombinasikan dengan beberapa bunga.

2. Motif Mahkota

MahkotaMotif ini merupakan motif dengan menggunakan pacitan gabahan dan menggambarkan bentuk mahkota dengan warna biru. Motif mahkota juga merupakan motif non geometris dengan bentuk mahkota mendominasi seluruh permukaan kain, sedangkan godongan dengan isen-isen-nya menjalar di sela-sela bentuk mahkota dengan batasan agris putih. Pemilihan warna pada motif ini didominasi warna biru yang memenuhi bentuk mahkota, juga pada bentuk godongan-nya warna biru muncul mengiringi warna hijau muda dan sedikit warna kuning gading. Warna krem pada pacitan gabahan menambah anggunnya motif mahkota tersebut.

3. Motif Alimahan Alimahan

Motif ini pada dasarnya berupa motif daun yang sarat dengan isen-isen. Sedangkan pacitan-nya (dasarnya) berupa gabahan (padi yang masih menempel pada tangkainya). Penggarapan bentuk motif ini sebenarnya hanya ada 4 macam bentuk daun, tetapi pembuatan isen-isen dan warna daun tersebut berbeda-beda sehingga kelihatannya bentuk daunnya dibuat bermacam-macam.

4. Motif Grandilan

GrandilanMotif Grandilan adalah motif dengan menggunakan godongan Turi Putih sebagai inti dari motif ini, sedangkan pacitan-nya berupa klabangan yang memenuhi permukaan kain. Motif Grandilan juga merupakan motif non geometris dengan penempatan bentuk-bentuk daun turi yang menyebar.

5. Motif Glondahan

GlondahanMotif Glodahan adalah motif lingkaran-lingkaran dengan bentuk godongan dan pacitan yang berbeda-beda. Pembuatan pacitan pada masing-masing lingkarannya tidak seragam misalnya ada lingkaran dengan pacitan semut runtung, klabangan, beras mawur, buntut bajing dan lain-lain.

6. Motif Tambangan

TambanganMotif Tambangan adalah motif yang menyerupai tambang yang menyilang dan membentuk belah ketupat. Sedangkan di dalam belah ketupat tersebut terisi dengan godongan, pacitan dan isen-isen yang berbeda-beda.

Motif Tambangan menonjolkan bentuk tambang yang melintang dan penuh dengan isen-isen terlihat tumpang tindih bergantian, bentuk tambang di buat besar sehingga mendominasi motif ini, sedangkan penggarapan godongan, pacitan hanya pelengkap yang mengisi bagian diantara tambang tersebut.

7. Motif Kitiran

KitiranNama motif Kitiran diambil dari bentuk pacitannya yaitu pembuatan pacitan menyerupai bentuk kitiran yang sedang berputar. Pembuatan pacitan seluruhnya berupa kitiran, sedangkan bentuk godongannya berupa manukan (burung) dan daun dengan penggarapan isen-isen yang bervariasi.

8. Motif Belah Ketupat

Belah KetupatMotif ini berbentuk dua buah segitiga yang membetuk belah ketupat sedangkan masing-masing segitiga memiliki pacitan yang berbeda-beda.

Pembuatan pacitan pada masing-masing segitiga yang membentuk belah ketupat berupa: buntut bajing, gabahan, cecek awe-awe, sawud rentet dan lain-lain. Sedangkan pembuatan godongan hanya sebagai penyatu yang dibuat diantara/ perbatasan segitiga satu dan lainnya yang berbentuk daun dan bunga.

9. Motif Dlorongan

DloronganDikatakan motif Dlorongan karena motif ini berbentuk garis yang membujur miring dengan penggarapan pacitan dan godongan-nya diantara dua garis yang menyilang tersebut.

10. Motif Krikilan

KrikilanNama Motif ini diambil dari berdasarkan pacitan-nya yaitu berupa krikilan ( batu- batu kecil ) yang memenuhi ke seluruh permukaan kain batik diantara godongan-nya (daunnya). Motif krikilan menggunakan godongan berupa bentuk burung, daun dan bunga yang tersusun dengan keseimbangan yang matang. Bentuk burung digarap dengan ketelitian yang tinggi serta dengan mempertimbangkan segi-segi keharmonisan terutama dalam perwarnaan.

 

Dan masih banyak motif lainnya yang akan kami buat pada postingan selanjutnya.

Motif Batik Tegalan Bagian ke-2

Sumber:

Potensi batik Tegalan. Kreatif Berbasis Motif Batik Tradisional Kabupaten Tegal 2013. Katalog milik ibu Sulistyo Dewi di Pengabean

10,156 total views, 9 views today