Galeri Motif Batik Tegalan (Bagian 3)

Galeri Motif Batik Tegalan (Bagian 2)

21. Motif Bunga Kecubung

Bunga KecubungSeperti motif lainnya, motif bunga kecubung juga mengadopsi dari alam sekitar. Bunga kecubung yang ada di sekitar pedesaan, menginspirasi masyarakat membuat motif bunga kecubung. Tangkai dibuat menjadi melengkung yang saling menyambungkan bunga kecubung dengan daunnya. Warna dasar motif ini adalah hitam.

22. Motif Halimahan

HalimahanMotif Alimahan merupakan motif non geometris dengan penempatan bentuk daun yang tertata baik sehingga keseimbangan antara bentuk satu dan lainnya terasa harmonis dengan ditunjang pemakaian warna yang serasi. Pemakaian warna merah tua dan hitam yang terpadu dengan warna coklat muda kelihatan dibuat dengan perhitungan yang matang.

23. Motif Ropikoh

RopikohWarna merah pada bentuk bunga menjadi pemanis motif ini. Garis-garis membayang yang dibuat siseluruh pemakaian kain batik dengan menggunakan warna putih kemerahan seakan mengikat bentuk-bentuk daun yang terolah dengan warna-warna harmonis menjadi kesatuan yang bermakna.

24. Motif Melati Kuncup

Melati KuncupMelati digambarkan dengan apik dalam motif melati kuncup. Melati yang menyimbolkan kesucian, di beri aksen warna merah dan putih. Melati digambarkan kuncup dan sudah mekar, serta diberi godongan melati yang disambung dengan batangnya. Terinspirasi dari banyaknya peatni Kab Tegal yang nyawah melati sebagai bahan baku the.

25. Motif Udang

UdangMotif udang merupakan motif geometris. Perpaduan antara garis yang saliing melintang dan ditengah-tengahnya terdapat udang. Warna dasarnya berwarna merah, garis melintang dan udang menggunakan warna putih. Banyaknya nelayan yang berlayar yang mendapatkan udang dan udang yang berasal dari balongan merupakan inspirasi dasar terciptanya motif ini.

26. Motif Bunga Tulip

Bunga TulipPerpaduan antara background hitam dengan warna hijau godong serta warna putih bunga tulip terlihat sangat serasi. Dikombinasikan dengan motif burung yang sedang mengepakkan sayap dan teratai yang bermekaran menambah asri corak bunga tulip. Motif godongan dibuat menyebar dan seperti rumput, menciptakan kesan teduh dan alami.

27. Motif Poci

PociPoci merupakan alat tradisional khas Tegal yang digunakan untuk mencampurkan air dengan daun teh sehingga tercipta teh dengan kwalitas tinggi yang nikmat dan berbeda. Poci terbuat dari tanah liat.

Motif ini adalah motif terbaru yang berasal dari kreatifitas masyarakat Kab. Tegal. Motif Poci saat ini menjadi motif yang wajib dimiliki para pegawai di Kab. Tegal.

28. Motif Kacang Tukul

Kacang TukulDikatakan motif kacang tukul karena warna coklat muda yang tersebar sebagai warna dasar motif ini, dibuat satu per satu seperti kacang yang baru tumbuh (tukul).

Di atasnya digambarkan motif burung dan dedaunan berwarna merah dan coklat tua.

29. Motif Cempaka Mulyo

Cempaka MulyoDaun lompong dan kepompong sebagai motif dasar batik motif cempaka mulyo mengandung makna bahwa kehidupan yang saling membutuhkan, keharmonisan dan kelestarian alam Kab. Tegal.

Dasarnya berwarna coklat bergaris-garis membentuk kotak-kotak yang saling sambung, diibaratkan tanah sebagai dasar kehidupan.

30. Motif Angin Mendaru

Angin MendaruDikatakan motif angin mendaru karena bentuk buntut bajing yang panjang dibuat setengah melingkar seperti tersapu angin dan dibuat berwarna biru dan hitam. Ditengahnya diberi isen-isen yang tertata rapi. Dasarnya berwarna coklat bergelombang kecil dan menyambung satu sama lain, melintang dari salah satu arah.

 

 

Sumber:

Potensi batik Tegalan. Kreatif Berbasis Motif Batik Tradisional Kabupaten Tegal 2013. Katalog milik ibu Sulistyo Dewi di Pengabean

3,144 total views, 3 views today