Galeri Motif Batik Tegalan (Bagian 4)

31. Motif Cempaka Putih

Cempaka PutihLatar motif batik cempaka putih berwarna putih jernih. Di atasnya digambar motif kupu-kupu cantik perpaduan antara warna hitam, coklat, biru dan merah. Kupu-kupu juga dibuat tampak samping menamabah indah motif alam ini.

32. Motif Galaran

GalaranMotif Galaran merupakan perpaduan antara bunga kamboja dengan dedaunan yang dibuat menjadi beragam bentuk, seperti daun berbentuk mahkota dan bergelombang.

Sebagai dasar berwarna putih dan hitam bermotif gelombang kecil menjadi sebuah perpaduan motif batik yang harmonis.

33. Motif Siang Malam

Siang MalamDisebut batik motif siang malam karena dalam satu lembar kain, terdapat dua motif batik yang dipadukan dengan apik. Diibaratkan saat siang hari, menggunakan motif yang satu dan malamnya menggunakan motif satunya lagi. Panjang batik ini ± 3,5 meter, karena terdapat dua motif di dalamnya.

34. Motif Merak Putih

Merak PutihBatik motif merak putih ini adalah batik yang sudah berumur ± 30 tahun. Merak sebagai simbol keanggunan dibuat menjadi motif batik yang cantik.

Motif ini merupakan ciri khas dari batik desa Pengabean. Dibuat dari 30 tahun yang lalu, tidak membuat batik ini memudar. Semakin lama justru semakin indah dan warnanya semakin terlihat cantik. Kain yang digunakan juga tidak sobek dan kusam, kwalitasnya tidak diragukan.

35. Motif Daun Sirih

Daun SirihDaun sirih biasanya digunakan untuk nginang, diubah menjadi sebuah motif yang indah. Warna dasar motif ini adalah merah. Dibuat dengan menggunakan canting dan sedikit demi sedikit terbentuk motif daun-daun sirih. Dipadukan dengan bunga melati dan daun yang berbentuk gelombang.

36. Motif Manuk Sriti

Manuk SritiMotif batik manuk sriti sederhana namun mengandung daya kreatifitas yang tinggi. Pada motif ini, manuk sriti diibaratkan memiliki buntut yang panjang. Diberi sedikit aksen godong di pinggir sayapnya dan guratan berwarna coklat di atas warna putih sebagai warna dasarnya.

37. Motif Keliran

KeliranMotif Keliran merupakan perpaduan dari berbagai macam motif. Motif godongan, kembang melati, kembang mawar dan garis yang saling silang terlihat seperti rajeg. Semua motif kemudian dikelir dengan warna merah yang berani dan diberi sedikit warna putih disetiap pinggirnya.

38. Motif Poci

PociMotif ini adalah motif poci pemenang juara 1 lomba Krenova Kab. Tegal tahun 2012. Dengan backgroundnya berwarna merah bata dan aksen isen-isen serta bunga melati yang mengelilingi poci, membuat motif ini semakin elegan.

Motif ini diramaikan dengan motif merak, daun teh yang bertebaran dan bunga kamboja berwarna merah.

39. Motif Gribigan

GribiganDisebut motif gribigan karena dasarnya berbentuk seperti gribig yang benbentuk segitiga dan saling menyambung. Motif ini didominasi warna coklat, merah, biru dan hitam.

 

40. Motif Melati Mekar

Melati MekarMotif ini didominasi dengan warna biru, coklat, merah dan putih. Bunga melati digambarkan mekar dan memiliki daun di sisinya. Dasarnya berbentuk seperti putik kembang yang melengkung. Keharmonisan alam terlambang dalam motif melati mekar.

Sumber:

Potensi batik Tegalan. Kreatif Berbasis Motif Batik Tradisional Kabupaten Tegal 2013. Katalog milik ibu Sulistyo Dewi di Pengabean

3,126 total views, 3 views today