Buku Dialek Tegal

Buku Dialek TegalBuku Dialek Tegal, kata dan Ungkapan Khusus dalam Konteks ini dibuat oleh bapak Drs. Suparno E.P yang dipersembahkan untuk masyarakat Tegal, Brebes, Pemalang, dan sekitarnya. Buku ini diterbitkan oleh CV. Harta Prima yang ada di Purwokerto.

Penulis memilih pendekatan praktis yaitu dengan merekam kata, ungkapan yang hidup dan menyusunnya menjadi kalimat dalam konteks sosialnya. Penyusunan buku ini juga melibatkan nara sumber dari Tegal, Pemalang, dan Brebes.

Buku yang sekilas seperti buku saku ini sangat mudah untuk dibaca dan dipahami, karena setiap kata terdapat contoh pengucapan dan disertai juga dengan contoh kalimat. Contoh kalimatnya pun terkadang membuat kita tersenyum-senyum sendiri karena keunikan Bahasa Tegal. Meskipun tertulis buku Dialek Tegal, namun isinya banyak dialek Banyumasan. Sehingga ada beberapa kata yang mungkin bagi orang Tegal terasa asing.

Buku ini tebalnya 232 halaman dan di cetak pada tahun 1997. Karena tahun terbitnya yang sudah cukup lama, maka kemungkinan akan sulit dijumpai di toko-toko buku sekarang.

2,045 total views, 2 views today