Tari Giul Bahari Kota Tegal

Tari Giul Bahari, Kota Tegal
Sumber: Twitter @iswnt_

Mungkin baru pertama kali mendengar nama tarian ini, kami pun juga, karena ini tarian kreasi baru yang khusus dibuat untuk memeriahkan HUT Kota Tegal yang ke-434 minggu-minggu kemarin. Tarian yang diciptakan oleh Sanggar Perwita Sari khususnya Ibu Damayanti dan Bapak Priyambodo ini menceritakan kehidupan nelayan.

Gerakannya Giul Bahari merupakan gerakan mentel dengan banyak giulnya sesuai dengan tarian khas Tegal, yaitu Tari Endel. Sehingga pada awal penampilannya menggunakan topeng tegalan. Gerakannya juga lebih lincah dan banyak dimodifikasinya agar terlihat khas “bahari”-nya. Properti yang digunakan bernama “kepis” yaitu sejenis keranjang kecil untuk tempat yang digunakan oleh nelayan tradisional. Minimal jumlah penarinya adalah dua pasang laki-laki dan perempuan.

Penari Tarian Giul Bahari Kota Tegal
Sumber: Instagram Ivosheza

Tarian ini pertama kali ritampilkan pada saat pembukaan acara Festival Jajanan Kuna Khas Tegal 17 April 2014. Para penarinya adalah Bayu (Perawat di RSUD Kardinah), Panji (SMA 1 Tegal), Ananda Yudha (SMP 1 Tegal), dan Dodi (Mahasiswa Stikes Bhamada). Sedangkan penari putrinya adalah Ika Handayani (Mahasiswi UPS Tegal, penyiar Anita FM), Dwi (Mahasiswi UPS Tegal, adik Ika Handayani/ Ivo Sheza), Lia (Mahasiswi UPS Tegal), dan Eli (Mahasiswi UPS Tegal).

Semoga ke depannya tarian ini bisa lebih dipentaskan lagi agar eksistensi budaya Tegal, khususnya Kota Tegal bisa lebih dicintai lagi oleh warganya).

Sumber: Wawancara via WhatsApp dengan Ivo Sheza. 3 Mei 2014.

1,848 total views, 2 views today