Tari Guci, Terinspirasi Dari Keindahan Alam Wisata Guci

Tari Guci TegalSatu lagi tari kreasi yang  ada di Tegal, khususnya Kabupaten Tegal, yaitu tari Guci.Tari Guci mengangkat ciri khas Kabupaten Tegal dengan daerah wisata andalannya, yaitu Obyek Wisata Guci. Guci sendiri adalah salah satu daerah wisata kebanggaan Kabupaten Tegal yang terletak di kaki Gunung Slamet. Tarian ini terinspirasi dari keindahan alam, kesejukan udara pegunungan dan kehangatan air pancuran Guci. Tari Guci menggambarkan kelembutan gadis-gadis cantik, bagaikan bidadari yang turun dari kahyangan. Dengan “ngindit” guci sebagai tempat mengambil air suci, mereka berdoa untuk keselamatan dan kelanggengan alam serta sumber mata air Guci arag tetao terjaga manfaat dan khasiatnya sebagai air kesehatan bagi kebersihan dan kehalusan kulit.

Adalah ibu Kusti Muftiah S.Pd, seorang kepala SD Sumbaga 01, Bumijawa yang pertama kali mengagas tarian ini. Tarian ini juga mulai diperkenalkan secara luas bulan Juni tahun 2014 kemarin.

“Tari Guci ini menggambarkan aktifitas anak-anak lereng gunung yang sedang mandi di air pancuran Guci,” ujarnya.

Patut diapresiasi kehadiran tarian ini sebagai bentuk pelestarian budaya, terutama seni tari yang kini mulai sepi peminat. Selain itu juga sebagai ajang promosi pariwisata Guci, wisata andalan Kabupaten Tegal.

Penasaran dengan gerakannya, simak videonya di bawah ini:

Sumber: Pemkab Tegal

2,076 total views, 1 views today