Dokumentasi Pagelaran Budaya dan Produk Unggulan Kota Tegal di TMII, Jakarta

Tari Gelar Batik
Tari Gelar Batik

Sudah menjadi hal yang rutin di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Jakarta setiap Minggunya mengadakan acara budaya dari perwakilan masing-masing Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia. Pada tanggal 10 Agustus 2014 kemarin, Kota Tegal diberi kesempatan untuk melakukan pagelaran di TMII, tepatnya di Anjungan Jawa Tengah. Walikota Tegal, Ibu Siti Masitha pun turut serta ikut ke Jakarta beserta jajaran SKPDnya dan pengisi acara berangkat dari Kota Tegal menggunakan 6 bus (4 bus SKPD dan 2 bus pengisi acara).

Adapun hiburan yang disajikan adalah:

  1. Tari Gelar Batik, Sanggar Candra Manikam dari Kelurahan Mintaragen.
  2. Tari Golek Sulung Dayung dari Sanggar Tari Perwita Sari.
  3. Musikalisasi Puisi oleh Komunitas Kata Hati Kota Tegal.
  4. Pentas kolaborasi Wayang Limbah oleh Dalang Ki Barep dikolaborasikan dengan Sanggar Seni Sorban Ireng kelurahan Tegalsari.
  5. Group Campursari Gema Mustika, Kelurahan Pekauman.
Kuliner Tegal
Kuliner khas Tegal diserbu pengunjung

Untuk produk unggulan yang disajikan bermacam-macam, namun yang menjadi pusat perhatian adalah kuliner Khas Tegal seperti Tahu Aci, Soto Tauco, Lengko, dan lain-lain. Sinok Sitong (Duta Wisata) Kota Tegal pun turut ambil bagian, yang ikut ke acara ini adalah  Gusti, Pipit, Yuda, dan Aina.

Tidak hanya pengunjung lokal saja yang datang, namun juga wisatawan dari Jepang dan Korea lho. Jadi kita patut berbangga hati bisa mempromosikan Kota Tegal ke wisatawan lokal dan asing.

Tari Golek Sulung
Tari Golek Sulung Dayung dari Sanggar Tari Perwita Sari
Sanggar Seni Sorban Ireng
Sanggar Seni Sorban Ireng

 

Terima kasih @Gustiasa23 buat foto-fotonya 🙂

2,247 total views, 2 views today