Menilik Kesenian Kuntulan di Desa Kendalserut, Kabupaten Tegal

Tari Kuntul TegalanTari Kuntulan atau biasa disebut dengan Tari Kuntul Tegalan merupakan salah satu traian tradisional yang ada di Tegal. Waluapun bukan merupakan tarian asli Tegal, namun tarian ini sama populernya dengan Tari Topeng Endel. Tari Kuntulan ini merupakan perpaduan dengan gerakan ilmu bela diri dengan diiringi lantunan lagu-lagu islami beserta permainan rebana.

Pada awalnya, tarian ini diperankan oleh sekelompok anak laki-laki menggunakan kostum dominan putih namun seiring dengan perkembangan jaman, banyak perubahan seperti kostum dan gerakannya, serta tarian in ijuga dimainkan oleh kaum hawa.

tari Kuntul tegalanMemang tidak setiap hari Kuntulan dimainkan, biasanya pada acara khusus seperti hajatan, pawai karnaval, dan lain sebagainya. Salah satunya di Desa Kendalserut, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Warga sekitar meramaikan peringatan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-69 ini dengan acara pawai karnaval yang dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Agustus 2014 kemarin. Sekelompok ibu-ibu dari perkumpulan Seni Kuntulan Intan Mulia membawakan tarian ini dengan kostum berwarna hijau cerah dan orange cerah. Tidak canggung, tarian ini dipertontonkan di rute yang dilewati peserta karnaval.

Lain di Desa Kendalserut, lain di Desa Sumingkir Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Tarian Kuntulan dibawakan oleh sekelompok anak muda dengan kostum kaos putih pada bagian atas dan celana hitam. Dan masih banyak lagi daerah lain di Tegal yang masih melestarikan tarian ini. Ada yang ingin menambahkan daerah mana saja?

Terima kasih buat Mas Sudanto Poncho atas foto-fotonya

6,231 total views, 6 views today