Psttt… Inilah Grand Design Kawasan Stasiun Tegal

Stasiun TegalStasiun Tegal, stasiun yang berada di kawasan Alun-alun Kota Tegal (AAT) ini menjadi salah satu kawasan yang selalu ramai dikunjungi, bagaimana tidak stasiun yang berada di Daerah Operasional (Daop) IV Semarang ini merupakan salah satu stasiun besar yang ada di Tegal yang hingga kini masih aktif. Stasiun Tegal sendiri dibangun pada tahun 1885 hingga sekarang ini tidak terlalu banyak perubahan. Terakhir kali renovasi adalah pada bagian parkirnya yang kini semakin luas.

Namun siapa sangka, ternyata Stasiun Tegal ini memiliki grand design yang menurut kami sangat modern, namun tetap tidak merubah bangunan utama yang bersejarah. Peruabahan-perubahan tersebut dimulai dengan pemindahan Taman Poci ke sebelah utara Stasiun, pemindahan PKL yang ada di Taman Poci ke kawasan Stadoin Yos Sudarso, penutupan sementara Gedung Birao, dan lain sebagainya.

Grand Design Stasiun Tegal

Grand Design Stasiun tegal

Informasi yang kami dapatkan dari laman kereta-api.co.id ini menampilkan desain terbaru rencana perubahan Kawasan Stasiun Tegal. Adapun perubahannya antara lain:

1. Stasiun Tegal

Bangunan ini tidak banyak perubahan, namun potensial dilakukan perubahan setelah adanya doble track.

desain_stasiun_tegal2. Selatan Stasiun Tegal/ Zona Penunjang Stasiun

Sebelah selatan staiun yang kini menjadi ruko-ruko tidak banyak berubah.

3. Gedung Birao

Gedung Birao akan difungsikan sebagai museum, galeri, dan komersial. Bagunan utama tidak berubah jika dilihat dari gambar yang ada.

4. Utara Gedung Birao

Di sebelah utara direncanakan dibangun hotel bintang 3.

5. Taman Poci

Taman Poci berubah menjadi Taman Pancasila ini direncanakan menjadi ruang terbuka hijau, termasuk bangunan sentra kuliner yang ada di sebelah selatannya. Sebagian difungsikan sebagai tempat parkir dan pasar modern.

6. Lapangan PJKA

Lapangan ini direncanakan akan dibangun Convention Center. Sebelah selatannya akan dijadikan sebagai terminal kecil untk angkot, taksi, dan lain sebagainya.

7. Depan SMP 1 Tegal

Direncanakan menjadi hunian vertikal/ apaertemen.

desain_stasiun_tegal

Bagaimana? Penasaraan dengan realisasinya? Kita tunggu saja kabarnya.

Terima kasih untuk kereta-api.co.id 🙂

 

9,571 total views, 4 views today