Pemilihan Sinok Sitong (Duta Wisata Kota Tegal) 2014

6 Besar Finalis Sinok Sitong Kota Tegal 2014
6 Besar Finalis Sinok Sitong Kota Tegal 2014

Siswa SMAN 1 Kota Tegal, Albert Benedict dan Mahasiswi Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Novi Ratnasari, dinobatkan sebagai Duta Wisata Kota Tegal 2014. Keduanya berhasil memenangi ajang pemilihan Sinok Sitong yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Seni Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) setempat.

Grand final pemilihan putra-putri Duta Wisata dilangsungkan di Halaman Gedung DPRD, Sabtu (27/9) malam. Dalam penjurain terakhir ajang yang dimaksud tersebut diikuti oleh 15 orang finalis putra dan 15 orang finalis putri.

Kepala Disporabudpar, R. Supriyanta mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperoleh sepasang Duta Wisata Kota Tegal yang akan membantu mempromosikan potensi daerah, Khususnya potensi dibidang pariwisata dan kebudayaan. “Diharapkan Duta Wisata Kota Tegal akan kreatif dan berdedikasi tinggi, dalam memperkenalkan potensi daerah di luar kota,” katanya saat membuka acara malam Grand Final Pemilihan Sinok Sitong.

Kesempatan sama, Kabid Pariwisata Disporabudpar, Rita Marlianawati menyampaikan, proses pendafataran Sinok Sitong telah dibuka mulai 4 Agustus sampai dengan 19 September lalu.
Munurut dia, animo pendaftar tahun ini mengalami peningkatan, apabila dibandingkan dengan ajang yang sama tahun sebelumnya. Disebutkan, tahun lalu jumlah pendaftar sebanyak 40 peserta. Sedangkan tahun ini mencapai 84 orang, terdiri dari 38 putra dan 46 putri.

Pada tahapan seleksi, peserta yang hadir sebanyak 67 orang. Rincinya 38 orang peserta putra dan 29 orang peserta putri. Berdasarkan hasil audisi yang dilakukan, dewan juri memutuskan 30 orang masuk dinal. “Yang masuk final 15 orang peserta putra dan 15 orang putri,” ujarnya.

Setelah dilakukan penilaian dewan juri pada malam grand final, juara I putra disabet Albert Benedict dari SMAN 1, juara I putri digondol Novi Ratnasari dari UPS. Adapun juara II putra diraih Indon Ade Novar dari SMAN 1, dan putrinya Deviana Rahmashany dari SMAN 2. Kemudian juara II putra diraih Ahmad Wahyudi dari Kecamatan Tegal Selatan, dan putrinya Priandini Davitri dari SMAN 1.

Salah satu juri, Anton Surono menyampaikan, penilaian dilihat bukan hanya sekadar penampilan fisik. namun lebih ditekankan pada tingkat ketajaman intelektual, brain, beauty, dan keluwesan.

Sinok Sitong Duta Wisata yang terpilih berhak mewakili Kota Tegal pada ajang pemilihan Duta Wisata tingkat Jawa Tengah November mendatang. (adi/ari)

Sumber: Radar Tegal 29 November 2014.

3,963 total views, 2 views today