Pelatihan “Menuju Pelayanan 5 menit di Desa” di Kabupaten Tegal

Pelatihan Simade TegalPelayanan desa 5 menit, itulah mimpi bagi kita semua. Hal itulah yang sedang berusaha diwujudkan di Kabupaten Tegal. Salah satunya dengan program SIMADE (Sistem Informasi Manajemen Desa) yang saat ini gencar dilakukan pelatihan oleh Dishubkominfo Kabupaten Tegal baru-baru ini. Hari ini (23/10) bertempat di Laboratorium Kominfo, Komplek Setda Kab Tegal. Jl Dr Soetomo No 1 Slawi. Kali ini acara bekerjasama antara Dishubkominfo, Telkom Slawi, dan SLKT.

Acara yang dimulai sekitar pukul 08:00 ini disambut antusias oleh para relawan yang ingin membangun desanya. Sebelumnya, di grup SLKT sudah dibuat semacam list relawan untuk acara tersebut. Kami pun turut serta mengikuti untuk sekedar mencari tau sejauh mana sistem tersebut bekerja.

Ada point-point penting yang kami tangkap di software tersebut yaitu perlu adanya sebuah komputer khusus untuk pasang aplikasi tersebut dan belum bisa untuk client – server. Namun bagi kami, aplikasi tersebut cukup membantu mengingat sekarang ini urusan administrasi di tingkat Desa/ Kelurahan yang kurang maksimal.

Apa yang bisa dilakukan oleh Simade? Ada data dasar seperti data penduduk, laporan-laporan seperti: surat mutasi, surat keterangan lahir, surat keterangan untuk menikah, surat kematian, surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan/ pengantar, surat keterangan belum pernah menikah, surat keterangan janda/ duda, surat keterangan keluarga miskin,
surat ijin bepergian, dan masih banyak lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Bapak Saeful Mizan di Dishubkominfo Kabupaten Tegal. Terima kasih Mas Wildan Hermawan! 🙂

1,433 total views, 1 views today