Yuk Sedulur Pelesir Maring Tegal

KA Tegal BahariTEGAL – Kereta Api Tegal Bahari Sabtu (4/10) sore diresmikan oleh Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno. Peresmian dihadiri Wakil Wali Kota Tegal, HM Nursholeh, Direktur Komersial PT KAI Bambang Eko Martono dan jajarannya.

Selain itu hadir pula Direktur Lalu Lintas Anggoro, Wakil Bupati Kabupaten Tegal, Umi Azizah, Ketua DPRD Kota Tegal Edi Suripno, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jateng, Urip Sihabudin, pengurus dan anggota Ikatan Keluarga  Besar Tegal (IKBT) dan Kepala SKPD dan perusahaan di Kota Tegal.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan selubung nama KA Tegal Bahari yang tertulis di salah satu gerbong serta pemecahan kendi oleh Ketua DPRD Kota Tegal, Edi Suripno. Secara perdana kereta api diberangkatkan oleh Wali Kota Tegal tepat pukul 16.30.

Saat memberangkatkan kereta api yang terdiri atas 10 rangkaian itu, Siti Masitha yang mengenakan topi merah, tampak mengangkat semboyan 40 dan meniup peluit seperti dilakukan petugas di stasiun.

Kewalahan

Saat diminta meniup peluit, wali kota tampak kewalahan. Peluit berbentuk pipih itu berulangkali ditiupnya, namun suara yang dihasilkan hanya terdengar sayup-sayup, kurang nyaring.

Pada peresmian tersebut, wali kota beserta jajarannya berkesempatan melihat interior di dalam kereta api yang dihiasi kain motif batik tegalan berwarna cerah dan memiliki jargon Bersih, Aman, Sehat, Rapi, Beriman (Tegal Bahari).

Ciri khas Tegal juga dapat dilihat saat memasuki kereta restoran dan gerbong eksekutif. Sebanyak 12 lukisan kaca yang menggambarkan tempat-tempat terkenal di Kota Tegal tampak menghiasi sejumlah gerbongnya.

Atas diluncurkan KA Tegal Bahari, Siti Masitha menyatakan bangga. Pasalnya, kereta ini bisa menggiatkan potensi yang ada di Kota Bahari. Dia menjelaskan, populasi masyarakat Kota Tegal yang sehari-hari beraktivitas di Jakarta, terus bertambah jumlahnya dari waktu ke waktu.

Dia berharap, KA Tegal Bahari akan mendongkrak sektor pariwisata Kota Tegal. Sembari berpromosi, dia menyebutkan Kota Tegal memiliki sejumlah objek wisata, mulai objek wisata alam, religi hingga kuline. “Yuk sedulur pelesir maring Tegal,” ajaknya.

Sementara itu, Direktur Komersial PT KAI (Persero), Bambang Eko Martono mengatakan, peluncuran ini merupakan bentuk rebranding dari KA Cirebon Ekspres (Cireks) relasi Tegal-Gambir Jakarta/pp.

Guna memberikan nilai informatif sekaligus kebanggan bagi penumpang khususnya di wilayah Tegal, maka nama Cireks diganti menjadi KA Tegal Bahari.  (H45-15,58)

Sumber: Suara Merdeka

2,394 total views, 3 views today