Tari Topeng Khas Tegal

Tidak hanya Tari Topeng Endel saja tarian topeng khas Tegal, namun ternyata sebenarnya ada sekitar 12 (dua belas) tari topeng yang dulu pernah ada di Tegal, namun Ibu Suwitri hanya mampu menarikan 6 (enam) jenis saja. Keenam tari topeng inilah yang hingga saat ini masih aktif ditarikan dalam setiap acara di Kabupaten Tegal. Yuk kita simak satu persatu tariannya:

1. Tari Topeng Endel

Topeng Endel TegalTari Topeng Endel, tari yang begitu familiar bagi warga Tegal. tari ini hanya ditarikan oleh perempuan saja karena sifat dari tari topeng ini adalah lenjeh, gemulai, terampil, dan berani. tarian ini bisa ditarikan perseorangan maupun bersama-sama (kolosal) dan bisa ditarikan pada berbagai macam acara.

 

2. Tari Topeng Panji

Topeng Panji TegalTari ini menggambarkan tokoh Panji , seseorang yang gagah berani dan berwatak halus. Sehingga gerakan-gerakannya terlihat halus.

 

 

 

3. Tari Topeng Kresna

Topeng Kresna TegalTarian ini menggambarkan tokoh Kresna yang ada dalam wayang kulit Purwo. Karakter dari Kresna sendiri adalah cerdik, sakti, berwibawa, tidak sombong, arif, dan bijaksana.

Karakter ini tercermin dari gerakannya yang tegas, tegap, dan langkahnya pasti.

 

4. Tari Topeng Layapan Alus

Topeng Layapan Alus TegalTarian ini menggambarkan tokoh yang bernama Bambangan, seorang kesatria yang gagah berani, cerdik, tangkas, memiliki watak halus, dan berbudi luhur. Gerakan tarian iniĀ  halus dan lincah.

 

 

5. Tari Topeng Patih/ Ponggawa

Topeng Patih/ Ponggawa TegalTarian ini menggambarkan tokoh patih atau ponggawa kerajaan. Seorang patih yang digambarkan sebagai seorang kesatria, gagah berani, cerdik, tangkas, dan luhur budi pekertinya.

Gerakan tarian ini lincah.

 

6. Tari Topeng Kelana

Topeng Kelana TegalTarian ini menggambarkan seorang tokoh Kelana. Kelana merupakan tokoh yang mempunyai pribadi yang gagah berani, cerdik, tangkas, dan luhur budinya.

Gerakannya tegap dan lincah.

 

Sumber: Tari Topeng Khas Tegal yang disusun oleh Dra. Wuninggar, pembayun Sulistyorini, S.S., Yusuf Efendi, M. Hum. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal

5,831 total views, 12 views today