Titik 0 (Nol) Kilometer Kabupaten Tegal

Titik 0 Km Kabupaten Tegal
Titik 0 Km Kabupaten Tegal di Jalan Satu

Sudah beberapa kali banyak pertanyaan mengenai lokasi titik 0 (nol) kilometer yang ada di Tegal. Baik itu untuk Kabupaten maupun Kota Tegal. Sebenarnya kami ingin hunting lokasinya namun karena terkendala waktu, kami baru mengambil gambarnya kemarin. Titik 0 kilometer atau selanjutnya disebut 0 Km di Kabupaten Tegal dapat ditemukan di daerah Slawi.

Sebagaimana kita ketahui, daerah Kabupaten Tegal memiliki dua buah jalan utama, yang biasa disebut Jalan Satu dan Jalan Dua. Begitu juga tanda 0 Km, terdapat dua buah pasak sederhana. Yang satu berada di sebrang eks-Bioskop Rama (Jalan Satu, koordinat 6°58’58″S 109°8’25″E) dan satunya lgi berada di depan Pos Polisi Patung Srikandi Tambun (Jalan Dua, koordinat 6°58’58″S 109°8’10″E). Jika ditarik garis lurus, akan sejajar dari timur ke barat atau sebaliknya.

Titik 0 Km Kabupaten Tegal
Titik 0 Km Kabupaten Tegal di Jalan Dua

Tidak ada monumen khusus titik 0 Km seperti di kota-kota lain, namun yang pasti keberadaannya tetap harus dipelihara. jangan sampai banyak tangan-tangan jahil yang merusak apalagi mengotori kembali tanda tersebut.

2,381 total views, 1 views today