Fosil Purbakala Ditemukan di Desa Karangmalang, Kabupaten Tegal

Fosil Purbakala di TegalKEDUNGBANTENG – Setelah Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng menggemparkan banyak peneliti karena temuan fosil purba, kini di Desa Karangmalang juga ditemukan benda serupa. Desa Karangmalang sendiri merupakan desa yang berbatasan dengan Desa Semedo, di Kecamatan Kedungbanteng. Namun, salah satu fosil yang diprediksi merupakan gading gajah purba terlanjur dipotong-potong oleh warga karena bentuknya cukup besar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Tegal, Dra Hj Suspriyanti MM melalui Kasi Kepurbakalaan, Jamroni S.Pd MM menjelaskan, terdapat empat fosil binatang purba yang ditemukan sejak awal Februari lalu. Fosil-fosil tersebut diperkirakan merupakan tulang kaki gajah purba, gading gajah purba, dan gigi hiu. “Fosil-fosil tersebut ditemukan di perbukitan yang berbatasan dengan Semedo. Ditemukan oleh warga bernama Silut saat sedang mencari ranting kayu di alas bukit tersebut,” katanya Senin (23/2).

Dijelaskannya, dari keterangan Silut, di kawasan perbukitan tersebut, masih terdapat sejumlah fosil lain. Lantaran bentuknya cukup besar dan berat, Silut hanya bisa membawa beberapa fosil saja ke rumahnya. “Fosil gading gajah purba memang terlanjur dipotong-potong. Namun demikian, kami perintahkan kepada Silut, agar menjaga dan menyimpan fosil-fosil tersebut dengan baik di rumahnya. Jangan sampai hilang,” lanjut dia. Disparbud sendiri saat ini sudah melaporkan temuan fosil purbakala tersebut kepada Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. ([email protected])

Sumber: Pemkab Tegal

3,823 total views, 1 views today