Arca Siwa dari Adiwerna, Tegal di Museum Nasional

Mahadewa SiwaSiapa sangka bahwa di tahun 1933 di Kali Wadas, Desa Lawatan, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal pernah ditemukan benda yang sangat bersejarah, sebuah Arca Mahadewa Siwa yang terbuat dari perunggu. Arca ini ditemukan secara tidak sengaja oleh warga sekitar.

Tinggi arca ini sekitar 96cm dengan bentuk Mahadewa Siwa yang memiliki empat buah tangan. Tangan kiri yang terangkat ke atas membawa camara (kebut lalat) sedangkan tangan kiri yang ke arah depan membawa kemandalu (kendi air suci). Kepala menggunakan jatamakuta (mahkota tinggi dari rambut) dengan hiasan candra kepala (bentuk hiasan bulan sabit dan tengkorak) dan dibagian dada diselempangkan upawita (tali kasta) berbentuk ular. Menggunakan kain bermotif kulit yang menutupi hingga ke mata kaki dan kepala harimau di bagian kanan yang tergambar hingga ke bagian belakangnya. Mata ketiga dan kedua mata dilapisi perak sedangkan bagian bibir berlapis emas sehingga arca ini sering disebut Siwa bibir emas.

Pembuatan arca perunggu dengan lapisan perak dan emas dibagian tertentu seperti tersebut memperlihatkan persamaan dengan pembuatan arca di India Timur. Arca siwa mahadewa temuan sungai Wadas ini merupakan hasil kesenian yang indah dari periode abad ke-9-10 M, dan belum ada penemuan arca lain seukuran dan seindah arca ini yang ditemukan dalam keadaan utuh di tempat lainnya di Indonesia termasuk di India.

Jadi tidak dipungkiri bahwa arca ini sangatlah berharga. Semoga kelak arca ini bisa kembali ke Tegal dan diletakan di Museum Semedo agar generasi muda Tegal bisa melihat secara langsung bentuk dari arca tersebut.

Sumber:

Labsky11IPA3, KITLV, Cultural Institue

2,441 total views, 1 views today