#FamTripJateng Hari Kedua, Ke Pemalang!

Masih ingat dengan  hari pertama yang mengelilingi Pekalongan? Kali ini kami juga masih ada di Pekalongan lho. Namun siangnya kami di Pemalang. Mau tau ceritanya lebih lanjut??

Hari Kedua. Rabu, 22 April 2015.

Kerajinan batik Tulis PekalonganBelum hilang dari ingatan kami mengenai Museum Batik Pekalongan, kali ini tujuan berikutnya adalah mengunjungi Kampoeng Wisata Batik Pesindon Pekalongan yang jaraknya sekitar 1 KM dari Museum Batik. Bukan kampung wisata batik namanya jika tidak terdapat galeri hingga rumah-rumah yang berjualan produk-produk batik. Di sini juga kami menemui salah satu sentra batik tulis.

pak_wira_batik_pekalongan
Pak Eddy Wan, pemilik Larissa Gallery dan Workshop

Di Larissa Gallery dan Workshop, kami mendengarkan cerita dari Pak Eddy Wan, sang pemilik, mengenai kiprahnya di usaha batik. Sangat diacungi jempol mengenai pengalaman beliau, bisa menjadi pengetahuan bagi yang ingin berwirausaha di dunia batik. Ilmu-ilmu beliau langsung diserap para peserta #FamTripJateng ini. karena dari mimik-mimik mereka, sangat serius mendengarkan penjelasan beliau. Jadi pengin memulai usaha batik nih!

Dari Kampoeng Wisata, kami langsung terbang (eh naik bus) ke IBC (International Batik Center) yang lokasinya hanya 5 KM dari kampung ini. IBC sendiri lebih mudah ditemukan karena memang posisinya berada di sebelah selatan Jalur Pantura, salah satu jalan tersibuk di Pulau Jawa. Alamat lengkapnya, di Jl. A. Yani No. 573 Wiradesa, Pekalongan.  Jadi jika kita akan bepergian ke Semarang (dari Tegal), pasti akan menemukan IBC ini.

International Batik Center (IBC) Pekalongan
Tugu Khas IBC Pekalongan

IBC atau International Batik Center ini mudah dikenali, karena pada bagian depan bangunannya terdapat tugu canting besar dengan tulisan IBC di bawahnya. Tampak depan memang tampak sepi, namun jika sudah masuk di dalamnya, pasti kita akan terkejut. Banyak sekali koleksi batik yang beraneka warna. Setiap sudut tidak lepas dari ukiran-ukiran. Baik itu di dinding, lantai, bahkan tugu penopang bangunan pun tak lepas dari ukiran batik. Memang tak salah jika tempat ini dinamakan Batik Center.

Selepas dari IBC, perjalanan dilanjutkan ke Pemalang, menuju Widuri Waterpark. Namun sebelum berbasah-basahan, tak lupa untuk mengisi perut dulu dan beristirahat sejenak di RM. Pring Jajar, Pemalang.

Widuri Waterpark Pemalang
Widuri Waterpark Pemalang

Widuri Waterpark ini merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Pemalang. Widuri Waterpark memiliki banyak wahana air, antara lain Water Glider, Kolam Arus, Kids Water Playground, dan masih banyak lagi yang lainnya.Tak lengkap rasanya jika ke Pemalang tak menjajal salah satu wahana yang ada di Widuri Waterpark ini.

Famtrip Jateng 2015
#FamTripJateng 2015 di Pantai Widuri

Tidak hanya menawarkan permainan airnya, namun juga pantai indahnya. Pantai Widuri namanya. Dari Widuri Waterpark, ada jembatan panjang sekitar 250 meter menjorok ke arah laut. Semilir angin pantai langsung menerpa wajah kita. Jembatan ini menjadi salah satu spot terbaik di Pantai Widuri. Dari sini, jika cuaca mendukung, bisa juga lho melihat sunsire ataupun sunset.

Hari ini cukup sampai Pemalang, besok dilanjutkan lagi ke Tegal!

1,683 total views, 1 views today

Skip to toolbar