Meriahnya Tegal Pesisir Karnaval 4, 2015

Tegal Pesisir Karnaval 2015
Salah seorang penonton berfoto bersama peserta TPK 4

Tegal Pesisir Karnaval (TPK) 4 kemarin (26/4) berhasil menyedot perhatian warga Tegal. Baik Kabupaten Tegal maupun warga Kota Tegal itu sendiri. Jauh-jauh hari sudah dipersiapkan rencana untuk menonton event akbar ini. Tidak hanya penonton, para peserta pun sudah jauh-jauh hari mempersiapkan untuk memberikan penampilan terbaiknya di acara ini.

Konsep acara TPK tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, setiap kelompok peserta terkategori menurut era-nya. Ada Kelompok Masa Perjuangan & Kemerdekaan, Masa Pembangunan, Masa Reformasi, dan Masa Sekarang. Setiap kategori/ masa, diawali dengan iringan marching band, dan yang baru, ada penampilan ogoh-ogoh yang tergolong baru di Tegal.

Pawai dimulai dengan tanda tabuhan drum dari Walikota Tegal, Siti Masitha yang siang itu menggunakan busana berawrna coklat. Rutenya sendiri DPRD Kota Tegal – Jl. Veteran – Jl. A. Yani – AAT – Kantor Pendopo. Setiap peserta berlenggak-lenggok sepanjang jalan yang sudah disediakan dengan kostum yang berwarna-warni. Kreativitas setiap peserta memang patut diacungi jempol. Dari tahun ke tahun, kostum yang dihadirkan semakin tahun semakin semarak. Selain itu, ada juga atraksi barongsai yang tidak kalah menarik.

Samun sayangnya jika diperhatikan, pesertanya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, sehingga pawainya terkesan sebentar. Ketika kami melakukan posting foto di Instagram, banyak yang mengeluhkan mengenai singkatnya acara TPK tahun ini. Dari sisi perform memang lebih baik, namun dari sisi pengamanan jalannya acara masih terbilang kurang, salah satunya adalah pengamanan jalur yang akan digunakan. Penonton yang membludak membuat jalur menyempit, sehingga menyulitkan peserta untuk beratraksi.

Mungkin jika konsisten menggunakan nama event, akan menjadi branding yang kuat untuk mendongkrak pariwisata di Tegal 🙂

Tegal Pesisir Karnaval 2015
Tegal Pesisir Karnaval 2015
Tegal Pesisir Karnaval 2015
Tegal Pesisir Karnaval 2015

Semoga tahun berikutnya menjadi lebih baik dan lebih semarak lagi 🙂

2,914 total views, 2 views today