UPS Tegal Dipercaya Buka Prodi Ilmu Komunikasi

Universitas Pancasakti Tegal

Universitas Pancasakti TegalKomitmen Universitas Pancasakti (UPS) dalam mewarnai dunia pendidikan di Kota Tegal semakin terlihat nyata. Hal ini dibuktikan dengan dipercayanya UPS Tegal untuk membuka tiga prodi baru sekaligus, salah satunya Prodi S1 Ilmu Komunikasi. Prodi ini hadir untuk menjawab tantangan dan peluang di dunia komunikasi yang saat ini sedang manjadi trendsetter baik di lingkup nasional maupun internasional sekaligus menguatkan visi UPS Tegal sebagai universitas yang unggul dan terdepan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang berkhalak mulia, Pancasilais, berkemampuan ilmu pengetahuan, teknologi dan / atau seni, serta berjiwa wirausaha.

Prodi S1 Ilmu Komunikasi berdiri di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan positioning Kreatif, Kompetitif, dan berKarakter. Hal ini berarti dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Prodi Komunikasi berkomitmen untuk mendorong para mahasiswanya untuk berpikir Think Out of the Box, meningkatkan softskill dan hardskill tidak hanya di bidang komunikasi, namun juga untuk penguasaan Bahasa Internasional, Teknologi Informasi dan Komunikasi, jiwa leadership dan entrepreneurship. Yang tidak kalah pentingnya Prodi Ilmu Komunikasi akan membekali mahasiswanya dengan pendidikan karakter yang berbasis Pancasila sesuai dengan visi misi UPS Tegal. Sehingga ke depannya dapat menghasilkan para sarjana ilmu komunikasi yang selalu kaya akan ide-ide baru yang cerdas dan inovatif, menjadi professional job seeker ataupun job creator yang unggul dan mampu berkompetisi baik dalam tataran nasional maupun internasional serta tetap memiliki karakter dan jati diri sebagai generasi penerus bangsa Indonesia.

Prof Dr WahyonoSH MS (Rektor UPS Tegal) dalam pelantikan pejabat struktural baru-baru ini menyambut positif dengan pendirian Prodi Ilmu Komunikasi di kampus terpadu yang berlokasi di Halmahera.

“Tahun ini menjadi momen bersejarah bagi kampus kita. Setelah kurang lebih 35 tahun berdiri dan ikut serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa akhirnya UPS Tegal mendapatkan akreditasi institusi dengan nilai B yang tertuang dalam SK BAN-PT No 184/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015. Tidak sampai di situ saja, karena kampus kita juga mendapatkan kepercayaan sekaligus amanat dengan dibukanya tiga prodi sekaligus yaitu Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Prodi S1 Pendidikan IPA, dan Prodi S1 Teknik Sipil. Dengan semakin beragamnya jurusan yang dimiliki, saya berharap dapat menggerakkan para orang tua untuk menitipkan anak-anaknya berkuliah di sini, khususnya daerah Pantura seperti Tegal, Brebes, Pemalang, dan Pekalongan.” Ungkap Wahyono

Dra. Hj. Sri Sutjiatmi, M.Si, Dekan FISIP Universitas Pancasakti Tegal menambahkan bahwa Prodi S1 Ilmu Komunikasi memiliki dua konsentrasi peminatan, yaitu Komunikasi Strategis dan Jurnalistik. Menurut Sutji, beragamnya kebutuhan dan tuntutan di industri komunikasi serta dinamika perkembangan teknologi komunikasi melatarbelakangi adanya pengkonsentrasian pada Prodi S1 Ilmu Komunikasi UPS Tegal.

“Hal ini akan memudahkan mahasiswa untuk menekuni bidang ilmu sesuai dengan minat masing-masing. Bagi mereka yang ingin menjadi PR (Public Relations) Profesional di instansi pemerintahan ataupun swasta, Konsultan komunikasi, Marcomm , MC Profesional, atau bekerja di bidang periklanan atau bahkan ingin memiliki Event Organizer sendiri dapat memilih konsentrasi Komunikasi Strategis. Sedangkan bagi mereka yang ingin bekerja di media baik itu cetak, elektronik ataupun online bisa memilih Konsentrasi jurnalistik.” Sutji juga mengungkapkan bahwa pendaftaran Prodi S1 Ilmu Komunikasi terbuka baik bagi mereka lulusan SMA/MA/sederajat ataupun juga bagi yang sudah bekerja.

Dalam waktu dekat Prodi S1 Ilmu Komunikasi rencananya juga akan mengadakan Seminar “Tantangan dan Peluang Dunia Komunikasi dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”, penandatanganan MoU dan Soft Launching dengan mengundang stakeholder bidang komunikasi seperti KPID, humas instansi pemerintah dan swasta, berbagai media baik cetak, elektronik, maupun online serta organisasi komunikasi seperti ASPIKOM, ISKI, Perhumas, SPS Indonesia, AJI, dll.

1,989 total views, 1 views today

Related posts