Jaringan Indosat Siap Layani Pelanggan saat Ramadhan dan Lebaran

Drive TestTegal, 16 Juni 2015 – Jaringan Indosat siap melayani kegiatan komunikasi pelanggan selama masa-masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015, khususnya di berbagai jalur mudik dan kota tujuan mudik yang biasanya mengalami peningkatkan trafik telekomunikasi selama masa-masa tersebut. Melalui program Modernisasi Jaringan yang saat ini difokuskan di berbagai kota besar kedua di pulau Jawa seperti Tegal, Pekalongan, Solo, Malang dan lain-lain, pelanggan diharapkan dapat tetap lancar dan  nyaman dalam berkomunikasi selama masa peningkatkan trafik telekomunikasi di bulan Ramadhan dan Mudik Lebaran, baik untuk komunikasi suara, SMS maupun data.

Khusus untuk menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Mudik Lebaran, kapasitas jaringan Indosat ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,28 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas data menjadi 2.081 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 66,5 juta pelanggan Indosat yang didukung dengan total BTS 40.756 secara nasional.

“Kesiapan jaringan Indosat menghadapi situasi apapun, termasuk masa Ramadhan dan Mudik Lebaran, sebenarnya sudah kami lakukan sebagai bagian dari peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan untuk kebutuhan setiap tahunnya. Namun memang untuk tahun ini, kami lakukan sebagai bagian dari kegiatan Modernisasi Jaringan yang kami lakukan juga di kota dan jalur mudik nasional. Tidak hanya kesiapan kapasitas, khusus untuk memantau kualitas jaringan juga akan memanfaatkan fasilitas baru dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) dan Command Center yang baru saja kami resmikan. Customer Center kami juga siaga 24 Jam untuk diakses pelanggan melalui berbagai jalur komunikasi bagi pelanggan,” demikian disampaikan Division Head Public Relations Indosat Adrian Prasanto.

Selain kesiapan kapasitas jaringan, Indosat juga memastikan jaringan Indosat selama Ramadhan dan Mudik Lebaran dalam performansi prima yang dipantau dan dikendalikan dari Indosat Network Operation Center (i-NOC) serta fungsi percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi dari ruang Command Center. Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran, siap siaga mengatasi bila ada gangguan jaringan secara nasional.

Drive Test Jaringan Lebaran di Tegal-Pekalongan

Drive TestSebagai bagian dari kesiapan jaringan menghadapi masa Ramadhan dan Mudik Lebaran, dilakukan uji jaringan di kota Tegal-Pekalongan, Jawa Tengah. Kota Tegal-Pekalongan menjadi pilihan jalur untuk drive test karena prediksi akan terjadinya penumpukan lalu lintas mobil mudik di kedua kota ini, setelah diberlakukannya operasional tol baru Cipali. Diperkirakan trafik telekomunikasi juga akan melonjak di jalur potensi kemacetan mudik ini.

Dalam drive test tersebut dilakukan berbagai aktifitas dunia maya seperti browsing, download, upload file, atau melihat HD video serta live streaming. Dalam kegiatan drive test menunjukkan hasil kecepatan maksimal download mencapai 26,3 Mbps dengan rata-rata download 4,8 Mbps. Sedangkan kecepatan maximum upload mencapai 5,5 Mbps dengan rata-rata upload 2,8 Mbps. Dari hasil pengetesan menjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktitas internet berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 91,2% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5)  dan 8,8% area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik. Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent.  Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat berada pada tingkat superior (terbaik) dibandingkan dengan yang lain.

Tentang Indosat

Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan telepon selular, telepon tetap, komunikasi data dan internet (MIDI). Di kuartal 1 2015, perusahaan memiliki 66,5 juta pelanggan selular melalui berbagai merek antara lain IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan sambungan langsung internasional (SLI) melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit melalui satelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D Indosat adalah anak perusahaan dari Grup Ooredoo (sebelumnya lebih dikenal dengan Qtel Group). Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT).

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi:

Public Relations Division
PT Indosat Tbk
Telp : 62-21-30442614
Fax  : 62-21-30003754
E-mail : [email protected]
Website : www.indosat.com

Tentang Ooredoo

Ooredoo, adalah perusahaan telekomunikasi internasional terkemuka yang menyediakan layanan selular, telekomunikasi tetap, internet broadband dan layanan bagi korporat, sesuai kebutuhan pelanggan dan bisnis, beroperasi di wilayah Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Tenggara. Sebagai perusahaan yang fokus bagi komunitas, Ooredoo, memiliki visi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan yakin bahwa layanannya akan dapat menstimulasi pertumbuhan bagi pelanggannya untuk mencapai kemampuan terbaiknya melalui penyediaan layanan komunikasi yang bermanfaat. Ooredoo telah hadir di Qatar, Kuwait, Oman, Algeria, Tunisia, Iraq, Palestina, Maldives, Myanmar dan Indonesia. Perusahaan meraih penghargaan The World Communication Awards 2013 untuk kategori Best Mobile Operator of the Year.

Perusahaan melaporkan pendapatan usaha sebesar US$ 9,1 milyar di tahun 2014 dan memiliki lebih dari 107 juta pelanggan global per 31 Desember 2014. Saham Ooredoo telah tercatat di Bursa Qatar dan Bursa Sekuritas Abu Dhabi.

www.ooredoo.com
Twitter: @Ooredoo
Facebook: facebook.com/ooredoogroup
LinkedIn: http://www.linkedin.com/company/ooredoo

832 total views, 2 views today