Komunitas Remaja Peduli Sosial Tegal

Komunitas KorpstegalKorpstegal adalah kependekan dari Komunitas Remaja Peduli Sosial Tegal, adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh seorang pemuda asli Tegal bernama Arif Supriyanto (Ex SMA N 1 Tegal angkatan 2005) dan kawan-kawannya pada tanggal 10 Oktober 2013. Sekretariat Korpstegal beralamatkan di Jl.Jakha No.25 Desa Kalimati Kec.Adiwerna Kab.Tegal.

Awal mula dibentuknya komunitas ini adalah perkumpulan beberapa orang pemuda yang sering bertemu hanya sekedar moci atau hanya sekedar mancing bersama, lalu kemudian ada ide dari salah satu dari mereka untuk membuat sebuah komunitas sosial kecil-kecilan, daripada hanya kumpul-kumpul tidak ada gunanya, lalu kemudian dibentuklah komunitas ini dengan nama yang sampai saat ini tidak mengalami perubahan, Korpstegal, Komunitas Remaja Peduli Sosial Tegal.

Kegiatan-kegiatan komunitas ini ketika masih baru, belum konsisten seperti tahun 2015 sekarang ini. Waktu itu hanya sekedar kunjungan ke panti-asuhan panti-asuhan di kota tegal dan hanya beberapa kali pemberian santunan hasil dari penggalangan dana di jalanan. Bahkan selama hampir 6 bulan di tahun 2014, Korpstegal tidak ada kegiatan apapun. Korpstegal pernah vakum, dikarenakan masing-masing pengurus belum memiliki kesamaan visi dan misi.

Komunitas KorpstegalBaru pada Oktober 2014 dengan perekrutan anggota baru dan visi misi baru, Korpstegal kembali dihidupkan. Berikut visi dan misi Korpstegal:
* Visi Korpstegal: Membumikan Infak di kota Tegal dan sekitarnya.
*Misi dibentuknya Korpstegal:
1) Memperkenalkan kepada publik, anak-anak yatim miskin yang ada di kota tegal, di mana sebetulnya di luar panti asuhan-panti asuhan yang sudah berdiri di kota Tegal pun masih banyak di sekitar kita anak-anak yatim miskin yang tidak diketahui oleh para donatur pencinta sedekah.
2) Menjadi komunitas penyalur sedekah orang orang yang ingin bersedekah, kepada mereka anak-anak yatim miskin di luar panti asuhan yang layak untuk diberi bantuan.
3) Menjadi komunitas penggerak kegiatan-kegiatan positif para anggotanya, menjalin persahabatan dan keakraban antar sesama anggota Korpstegal.

Korpstegal saat ini tergabung dalam sebuah Organisasi Massa bernama FAKTA (Forum Aktivis Komunitas Tegal) yang sudah memiliki legalitas hukum, yang sekretariatnya beralamat di Jl. Samiaji Rt 6/II Desa Pengabean Kec.Dukuturi Kab.Tegal, yang dibina oleh bapak Kliwon A.Md. Pd.SD.

Program yang diusung Korsptegal yang paling utama adalah BERMUKIM, adalah kependekan dari Beras Murah Untuk Yatim Miskin, yaitu menjual beras seberat 5 Kg kepada objek dengan harga yang sangat murah, yaitu lima ribu rupiah (selengkapnya tentang bermukim silahkan kunjungi website kami). Objek penerima Bermukim adalah anak-anak yatim miskin di luar panti asuhan – panti asuhan di Tegal, karena banyak sekali sebetulnya anak-anak yatim miskin di luar panti asuhan-panti asuhan di kota dan kabupaten Tegal yang keadaan mereka bisa jadi lebih memprihatinkan daripada mereka yang sudah tinggal di panti asuhan. Korpstegal ingin memperkenalkan kepada publik supaya mereka juga mendapat sedekah dari para dermawan, tidak hanya mereka yang di panti asuhan saja yang diberi sedekah.

Kegiatan rutin yang dibuat Korpstegal adalah pendataan anak yatim dan pembagian beras Bermukim. Namun selain dua kegiatan utama itu, Korpstegal juga membuat kegiatan-kegiatan tambahan untuk anggotanya, yaitu sekedar ke main bola bareng, futsal bareng, touring ke bumijawa, atau objek wisata – objek wisata di Tegal dan sekitarnya, yang biasanya diadakan sebulan atau dua bulan sekali, yang tujuannya adalah untuk menambah keakraban antar anggotanya.

website: www.korpstegal.wordpress.com
facebook: www.facebook.com/korpstegal
contact person: Arif Supriyanto (ketua Korpstegal, 085713788707)
yang pengin gabung jadi anggota korpstegal, silahkan hubungi nomor di atas, bisa sms.

1,980 total views, 2 views today

Skip to toolbar