Merebaknya Isu Razia Motor di Tegal

Sudah beberapa hari ini, akun Twitter dan Facebook infotegal dibanjiri pertanyaan mengenai razia motor door to door di malam hari dengan target motor bodong dan telat pajak/ pajak mati di sekitaran wilayah Kabupaten Tegal. Tidak sedikit juga yang memberikan informasi bahwa kemarin atau sekarang sedang terjadi razia tersebut. Namun ketika ditanya bukti, tidak ada satupun yang bisa menjawab bahkan ada yang sengaja memposting entah foto kapan dan dimana yang memperlihatkan motor-motor yang diangkut ke truk pada siang bolong. Hal tersebut kian menambah cemas dan panik warga yang kebetulan memiliki motor yang telat pajak/ pajaknya sudah lama mati.

Kemudian Polres Tegal melalui Iptu Adi Sucipto, SH mengkonfirmasi, bahwa Polres Tegal tidak melakukan razia door to door seperti yang sedang hangat diberitakan saat ini. Bahkan Ki Enthus bersama Wakapolres Tegal juga ikut menegaskan berita tersebut pada saat melakukan ceramah di Lapangan Kalibliruk, Slawi kemarin (07/07) pada salah satu konser musik yang bertemakan ramadhan. Isu

Isu ini berawal dari info pencurian 1 kontainer sepeda motor dealer  di Brebes yang kabarnya terjadi di bulan kemarin. Namun saat kami konfirmasi pada akun @BrebesSaiki, tidak ada kejadian tersebut, yang ada hanyalah pencurian yang terjadi pada truk pengangkut bawang. Sehingga semakin jelas bahwa isu tersebut tidak benar, jika memang ada yang dirazia, dipastikan bahwa kelompok pelaku merupakan oknum yang tidak bertanggungjawab.

Adapun untuk menghindari isu tersebut atau ada oknum yang mengaku sebagai anggota polisi yang akan melakukan razia di malam hari, ada beberapa tips yang mungkin berguna:

  1. Jika mengaku polisi, tanyakan kartu anggota dan surat tugasnya.
  2. Foto dan catat nama oknum tersebut.
  3. Jika memang motor akan diangkut, paling tidak ada semacam surat tilang seperti pada razia motor pada umumnya.
  4. Koordinasikan dengan ketua RT/ RW setempat.
  5. Galakan kembali siskamling.

Demikian, semoga kita tidak mudah dibodohi dengan berita-berita yang kurang valid sumbernya.

Foto sampul sebagai ilustrasi, diambil dari metro.tempo.co.

21,964 total views, 1 views today

  • Wonge Turu

    Suweeeeeeeeeeeek 😀

Skip to toolbar