Jateng Gayeng, Branding Baru Jawa Tengah

Logo Jateng GayengGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan logo dan slogan “Jateng Gayeng” yang bermakna penuh semangat, berani, tangguh, jujur, ramah, menggembirakan, harmonis, dan hangat. Logo dan slogan ini diluncurkan untuk mempromosikan dan memasarkan berbagai potensi serta produk provinsi tersebut.

Peluncuran tagline atau slogan itu dilakukan Ganjar pada penutupan Pesta Rakyat 2015 Hari Jadi Ke-65 Provinsi Jateng di Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (23/8/2015) malam.

Slogan tersebut ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan Mark Plus dan Tim “Branding” Jawa Tengah yang beranggotakan budayawan, akademisi, pakar pemasaran, dan sebagainya dari hasil lomba logo dan tagline, 18 Juni hingga 15 Juli 2015.

Berdasarkan hasil penilaian, logo dan tagline berjudul “Gayeng” karya Tonny Subagyo, warga Depok Maharaja Blok 12, Depok, Jawa Barat, dinyatakan sebagai juara pertama sehingga berhak dijadikan slogan Jateng.

Selain peluncuran slogan “Jateng Gayeng”, dalam kesempatan itu Gubernur juga meluncurkan sebuah film pendek untuk memasarkan berbagai potensi pariwisata Jawa Tengah.

Film berjudul “Jelajah Jawa Tengah Indonesia” yang dipersembahkan Pemprov Jateng bersama Djarum Bakti Budaya itu menggambarkan perjalanan sepasang muda-mudi yang mendatangi berbagai objek wisata, tempat-tempat kuliner, dan industri kerajinan di Jateng.

Logo ini terinspirasi dan modifikasi dari huruf Jawa yang menggambarkan karakter masyarakat yang kuat mendukung dinamika perubahan modern yang tetap memegang teguh akar budaya Jawa. Pemakaian kata “Jateng” untuk memudahkan, diingat, dan dikenal. Logo dimulai dari huruf kecil yang menggambarkan keramahan, kebersamaan, melayani, dan tidak angkuh. Sedangkan warna merahnya sendiri diambil dari warna gula jawa yang menggambarkan energi, semangat, kekuatan, dan pertumbuhan.

“Gayeng” dalam kamus Jawa berarti menyenangkan, menggembirakan. Jadi kata “gayeng” menggambarkan hubungan yang menyenangkan antara pemimpin dan rakyatnya. Jawa Tengah sebagai tempat yang strategis dan memiliki daya dukung yang menyenangkan, untuk solidaritas beragama, usaha, dan berinvestasi., berwisata, inovasi, kerativitas bidang pendidikan, sosial, seni budaya, dan mensejahterakan bersama.

Repost dari caption Instagram @Jatengpict

1,602 total views, 1 views today