Aksi Peduli Lingkungan Pendaki Laka-laka di Penamaman Hutan Kota Tegal

Pendaki laka-laka Tegal

Pendaki laka-laka TegalTEGAL – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-70, pada hari Jum’at (25/09/2015), Kodim 0712 menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon di wilayah Hutan Kota Pantai Alam Indah dan sekitarnya. Sebelum pelaksanaan kegiatan, diadakan apel yang dipimpin oleh Dandim 0712/Tegal. Dalam sambutannya, beliau mengemukakan pentingnya kepedulian dan tanggungjawab terhadap terhadap lingkungan guna mengantisipasi dan meminimalisasi dampak buruk pemanasan global. Selain itu  kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang terkordinasi dari berbagai elemen pemerintah dan masyarakat dalam merehabilitasi hutan laut yang berada di kota Tegal.

Kegiatan tersebut tak hanya diikuti oleh jajaran TNI AD, AL dan AU, tetapi juga melibatkan beberapa pihak dan instansi seperti BLH Kota Tegal, POLRES Tegal kota, serta masyarakat setempat. Komunitas Pendaki Laka-laka sebagai salah satu komunitas pendaki dan pecinta alam di Kota Tegal pun mendapat undangan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang terintegrasi dari berbagai elemen ini menanam sejumlah pohon laut berupa 200 cemara laut dan 200 tanaman bakau.

Pendaki laka-laka TegalPendaki laka-Laka, sebagai salah satu komunitas pendaki Tegal yang juga mencanangkan program peduli lingkungan, menyambut baik dengan antusiasme tinggi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut. Diharapkan kegiatan penanaman pohon semacam itu bisa menjadi kegiatan percontohan yang dapat menumbuhkan kesadaran dalam diri masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Penanaman pohon bakau dan cemara laut dapat memberikan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai pencegah terjadinya abrasi dan sebagai pelindung pantai apabila terjadi badai laut atau ombak besar. Sifat tanaman bakau yang mampu menambat racun dan menyerap zat karbon juga menjadikannya sebagai tanaman yang bermanfaat untuk mengurangi pencemaran air laut maupun pencemaran udara.

Keikutsertaan Komunitas Pendaki Laka-laka dalam kegiatan penanaman pohon tersebut juga menjadi salah satu langkah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan dalam diri setiap anggotanya. Dan ke depannya, Komunitas Pendaki Laka-laka memiliki harapan besar untuk dapat terus berperan aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Beberapa program lingkungan hidup yang telah direncanakan di antaranya adalah kegiatan bersih pantai, pembuatan biopori, serta pengolahan sampah yang baik demi mengurangi pencemaran lingkungan.

Dengan dicanangkannya program-program tersebut, diharapkan bahwa keberadaan sebuah komunitas tak hanya menjadi satu wadah untuk menyalurkan hobi, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan atau masyarakat di sekitarnya. Berbagai informai kegiatan komunitas yang bergubungan dengan alam bebas, hiking, pendakian gunung ataupun kegiatan sosial yang sudah dilaksanakan komunitas Pendaki Laka-Laka bisa dilihat melalui blogsite :www.pendaki-lakalaka.blogspot.co.id. (Hana Chan & Alas Perdu)

1,145 total views, 2 views today

Related posts