Ini Adalah Soto Versi Tegal. Apa yang Membuat Unik?

Kuliner Soto Tauco Tegal

Kuliner Soto Tauco TegalPenyebutan soto di tiap daerah berbeda-beda, seperti coto (Makasar dan sekitarnya), tauto (Pekalongan), dan sauto (Tegal). Penyebutan nama soto sendiri dipengaruhi berdasarkan kebiasaan serta logat daerah dan juga bahan baku dari soto tersebut.

Sauto adalah soto versi Tegal, sering dicampur tauco, namanya jadi sauto. Dalam sauto terdapat akulturasi kuliner Jawa dan Tionghoa.

Tampilannya sama seperti soto yang biasa ditemui di kota mana pun di Nusantara. Kuah bening berwarna kecoklatan dengan segala isian soto ditampung di sebuah mangkuk bulat.

Mungkin terdengar aneh bagi orang dari luar Tegal, mengetahui bahwa tauco bisa menjadi makanan yang nikmat.

Rasa dasar tauco yang cenderung asam, membuat sebagian orang yang sama sekali belum pernah menikmati sauto tauco mengerutkan dahi. Akan terbayang rasa asam dari tauco.

Rasanya gurih dan segar dengan tambahan tauco, ada sentuhan rasa asam dan aroma eksotik khas tauco. Tentu saja, bumbu beraroma tajam seperti tauco ini tidak disukai semua orang.

Bagi yang tidak suka tauco, warung soto akan menyajikan soto standar tanpa tauco.

Sekali mencicipi bisa membuat ketagihan. Rasa asam dan bau tauco yang menyengat tidak begitu terasa, justru nikmat di lidah.

Biasanya di warung soto, sauto tauco dengan berbagai pilihan daging pelengkap. Dulu mungkin sauto tauco identik dengan daging babat, tetapi kini sudah bervariasi baik dengan daging ayam, babat, maupun daging sapi.

Untuk membuat sauto tauco ada resep rempah-rempah yang dicampurkan di dalam tauconya. Tauco dibeli di pasaran, namun ketika akan dibuat makanan, tauco tersebut dimasak dan dicampur bumbu.

Inilah yang membuat rasa sauto tauco nikmat. Ditambah dengan sayuran seperti tauge yang sudah direbus, potongan daun bawang dan daging sesuai selera seperti babat, ayam atau daging sapi, semakin menambah nikmat.

Kuahnya lezat dan ditambah sambal jadi tambah nikmat. Lalu rasa tauconya sangatlah kuat dan memang jadi terasa nikmat. Suwiran ayamnya juga cukup banyak.

Ada yang unik di soto ini yaitu potongan usus ayam goreng kering yang dicampur ke dalam soto ini. Jadi pas kita menyeruput kuahnya maka ada rasa garing pada usus goreng ini.

Selain khas dengan tauconya, sauto disajikan dengan mangkuk kecil yang membuat seluruh isi sauto nampak memenuhi seluruh mangkuk. Untuk bisa menikmati semangkuk sauto tauco baik dengan daging babat, ayam maupun campur, harganya  Rp12 ribu. Bisa ditambah dengan es teh maupun minuman lainnya. (ren)

Sumber:

Judul asli: Sauto Tegal, Hasil Perpaduan Resep Jawa dan Tionghoa. Ditulis oleh Siti Nuraisyah Dewi, Dody Handoko

3,341 total views, 8 views today

Related posts