Kelurahan Kraton, Tegal Barat Masuk Nominasi 6 Besar Tingkat Jateng

kraton kota tegal

kraton kota tegalTEGAL – Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal,  masuk nominasi 6 besar Kelurahan Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Jawa Tengah Tahun 2016. Dengan menjadi nominasi, diharapkan Kelurahan Kraton keluar sebagai juara pertama Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Jawa Tengah tahun 2016.

Hal itu diungkapkan Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno usai menyambut Tim Penilai Lomba Kelurahan Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Jawa Tengah Tahun 2016 di Pendopo Kelurahan Kraton, Kamis (10/03) siang.

Hadir Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Ketua Tim Penilai, Raidun, SH, MHum bersama anggota tim penilai. Walikota didampingi Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, MH dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal Endang Nursholeh, Kepala Bapermas Kota Tegal dr. Moehammad Hafidz, M.Kes dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot Tegal.

“Adanya Komunitas Pegiat Gotong Royong salah satu tanda masyarakat Kota Tegal masih melestarikan gotong royong. Sehingga dalam setiap kegiatan yang diutamakan adalah gotong royongan. Oleh karena itu program pemerintah yang dicanangkan dapat cepat direalisasikan karena kepedulian yang sangat tinggi dari masyarakat sekitar. Saya bangga bahwa kegotongroyongan masih melekat walaupun masyarakat kita adalah masyatakat kota. Masyarakat Kota Tegal masih memegang adat ketimuran yakni kegotongroyongan yang dilestarikan dan dikembangkan dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Harapannya Kota Tegal nomor satu,” harap Walikota.

Apalagi Kota Tegal telah berturut-turut hanya menjadi juara ketiga. “Ini adalah antusiasme yang positif yang selama tiga kali selalu juara tiga. Harapannya menjadi juara pertama. Seluruh SKPD dari tingkat lurah dan tokoh masyarakat dan tokoh agama  hadir. Inilah bentuk kegotongroyongan. Disinilah kita punya kekuatan dan nilai yang positif,” ucap Walikota dalam sambutannya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Ketua Tim Penilai, Raidun, SH, M.Hum saat memberikan sambutan Pembukaan Penilaian Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat di Pendapa Kelurahan Kraton, Kamis (10/11).

“Kelurahan Kraton ini masuk nominasi 6 besar Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Jawa Tengah Tahun 2016,” ungkapnya yang datang dengan Tim Penilai dari Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Raidun dalam sambutannya, gotong royong merupakan kegiatan kerja sama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan  pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat, serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Seperti Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK),Karang Taruna, RT/RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK).

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bakti Gotong-Royong. “Diselenggarakan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan lembaga
kemasyarakatan. Meliputi bidang ekonomi, budaya, sosial masyarakat, agama, kesehatan, dan lain sebagainya,” jelas Raidun.

Kegiatan yang dilaksanakanpun adalah kegiatan dalam Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dalam satu bulan penuh yang merupakan akumulasi kegiatan gotong royong selama sebelas bulan.

Sebelumnya, tim Penilai dan Walikota Tegal disambut oleh iringan musik balo-balo Kelurahan Kraton ketika memasuki Kelurahan Kraton. Kemudian disambung dengan sambutan anak-anak SD dan PAUD serta pengalungan bunga melati oleh Mayoret Marching Band salah satu SD di Kelurahan Kraton. Dalam kesempatan itu juga hadir Komunitas Pegiat Gotong Royong (KOPI) yang memakai kaos berseragam. Tak ketinggalan Lurah Kraton Tasripin, SIP memberikan paparan singkat pelaksanaan gotong royong di Kelurahan Kraton.

Sumber: Pemkot Tegal

1,309 total views, 1 views today

Related posts