Peluang-peluang Bisnis di Tegal

Menggelitik rasanya untuk membuat tulisan ini setelah mendengar banyak pertanyaan “mau usaha apa?” atau ingin pulang ke kampong halaman namun bingung karena belum mendapatkan pekerjaan yang tetap. Tak dipungkiri, selama beberapa tahun mendengar keluhan dan pertanyaan dari beberapa follower di beberapa media sosial infotegal, ada banyak peluang bisnis yang bias dicoba dilakukan di Tegal. Apa saja itu?

1. Kuliner

Mendengar kata kuliner, tak bosannya menjadi perbincangan hangat netizen tak hanya di Tegal, namun juga seluruh dunia! Ya, makan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi, sehingga bisnis kuliner konon hampir tak pernah rugi ( rugi besar ). Namun perlu diingat, selera masyarakat Tegal cenderung unik. Sehingga harus pintar-pintar mencari kuliner yang bisa laku dijual.

Kita bagi jenis kuliner menjadi tiga kategori, makanan besar, makanan ringan, dan minuman & dessert.

a. Makanan Besar

Pada makanan besar, tak lepas dengan yang namanya nasi. Ya, orang Jawa selalau bilang, “belum makan kalau belum makan nasi”. Usaha kuliner pada kategori ini yang masih menjadi prospek adalah nasi goreng, lesehan lamongan (biasanya menu lele, ayam, dara yang digoreng), angkringan, mie aceh,

Menu  yang disajikan harus dengan rasa yang sederhana dan pedas. Orang Tegal tak begitu suka makanan yang terlalu komplek, atau terlalu banyak rempah dan bumbu

b. Makanan Ringan

Makanan ringan yaitu yang tak banyak kandungan karbohidatnya. Sehingga cukup untuk mengganjal perut yang sedang keroncongan. Kategori ini menjadi paling banyak dicari setelah kategori minuman & dessert.

Adapaun makanan ringan yang masih prospek di Tegal antara lain jenis snack pedas baik itu seblak, mie biting/ lidi, kue-kue seperti kue cubit, martabak dengan kreasi unik, kue tart ulang tahun, aneka gorengan, sentra jajanan pasar, mie ayam, bakso, dan jajanan yang manis dan gurih.

c. Minuman & Dessert

Bisnis di kategori ini masih sangat prospek, terutama untuk kuliner seperti es krim, kedai kopi, lesehan teh poci, pudding, brownies, dll.

Pada kategori ini, yang wajib dipenuhi adalah harganya yang murah, rasanya berbeda dengan kompetitor lain, lokasinya wajib strategis (aksesnya mudah), aman (kendaraan), tak banyak pengemis / pengamennya, dan yang pasti yang menambah daya tarik adalah adanya fasilitas free  WiFi, TV berlangganan (biasanya untuk nonbar), LCD Proyektor, tempatnya luas (bisa untuk buka bersama saat bulan puasa), dan unik. Unik di sini adalah suasana dan tempatnya.  Jangan berhenti pada satu menu saja, berinovasilah.

2. Digital Printing

Semuanya sekarang era digital, yang manual lama kelamaan sudah mulai ditinggalkan. Terlebih sekarang adalah jamannya eksis, unik, dan kreatif. Banyak yang mencari jasa cetak kaos satuan. Atau untuk komunitas. Ya, dulu jika ingin memesan kaos/ topi atau sebangsanya, harus dalam partai besar. Kini, satu punbisa dilayani jika membuka usaha digital printing.

Kami bisiki lagi, di Tegal belum ada yang memiliki cetak kaos DTG (Direct to Garment), teknik sablon kaos yang langsung menggunakan printer khusus. Sehingga warna lebih bagus dan lebih awet. Berbeda dengan yang menggunakan metode thermal.

3. Bisnis Online

Bisnis online masih menjadi idola karena tak banyak menggunakan modal maupun ruang kerja reprsentatif, cukup gadget maupun laptop koneksi internet yang lancer, kamu sudah bisa berbisnis.

a. Agen Tiketing Online

Menjadi agen tiket juga belum banyak  yang memanfaatkan bisnis ini. Meskipun di minimarket waralaba sekarang pun sudah melayani pembelian tiket online. Namun justru pelanggan nyatanya tak begitu nyaman membeli di tempat-tempat seperti ini, karena biasanya harus menunggu antrian dan ahrus cepat karena sudah ada antrian di belakang kita! Berbekal pengetahuan dari internet, pelajari mengenai proses booking online, tiket promo, tempat duduk recommended, dan yang pasti utamakan layanan prima.

Jika ingin mengembangkannya lagi, jangan lupa untuk membuka layanan penjualan token listrik, pembayaran BPJS Kesehatan, dan lain sebagainya.

b. MLM

Bisnis MLM pun sudah cukup banyak yang melirik, sebut saja seperti Tupperware, Oriflame, Azaria, dan lain sebagainya. Selain barang tersebut bisa dipergunakan sendiri, bisa juga dijual ke orang lain. Terlebih jika kita sudah memiliki kios sendiri.

c. Dropship/ Reseller

Bisnis ini cukup menguntungkan dan biasanya hanya dengan modal kepercayaan & paket data saja. Transaksinya pun bisa lewat online. Tinggal duduk, sebar produk di media sosial, tunggu deh 🙂

4. Jasa Sewa

Mau beli tapi harganya mahal atau hanya sebentar digunakan, solusinya, sewa saja! Ya, bisnis sewa menyewa masih menjadi tren juga di Tegal. Bahkan belum banyak kompetitornya. Apa saja?

a. Sewa Motor

Sewa kendaraan yang satu ini hamper belum ada kompetitornya, jikalau ada pun hanya sedikit. Ternyata cukup banyak juga yang mencari penyewaan sepeda motor di Tegal.

b. Sewa Kamera & Lensa

Sewa kamera SLR juga masih banyak yang mencari, namun baru sedikit yang membuka jasa layanan ini. Karena mungkin resikonya besar sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk menyewkan kamera kesayangannya. Namun apa salahnya jika memiliki kamera SLR nganggur kemudian disewakan?

c. Sewa Acion Cam

Yap, sewa action cam masih menjadi idola bagi yang ingin eksis saat berpetualang di alam atau saat basah-basahan. Terutama bagi penggila salah satu merk action cam yang harganya cukup mahal. Eksis dengan kocek pas-pasan? Siapa takut!

5. Service Gadget

Jika jeli mengambil peluang, service gadget merupakan usaha yang cukup banyak peluangnya. Karena siapa sih yang sekarang tak memiliki gadget? Mulai Blackberry, Android, iPhone, hingga tablet.

Ingin lebih fokus lagi? cobalah buka Android Service Center. Tak hanya service hardware-nya saja, namun juga software-nya. Masih banyak yang mencari jasa root android, upgrade OS, hingga berbagai masalah lainnya. Untuk sekelas iPhone, jika berani, cobalah untuk membuka cabang iPhone service center resmi. Karena belum ada di Tegal 😀

6. Pernak – pernik muslim & muslimah

Sudah banyak lho yang sudah membuka usaha ini, saah satunya adalah menjual aneka hijab dengan merk sendiri. Biasanya mereka cukup membeli bahan, kemudian jahit,modifikasi, dan diberi label sendiri.

Promosinya juga tak terlalu sulit, cukup dipakai sehari-hari, biasanya nanti orderan datang mulai dari teman dekat hingga dari luar kota.

7. Properti dan Desain Exterior dan Interior

Usaha yang ini juga tak ada matinya, terlebih sekarang banyak tanah maupun rumah yang dijual di Tegal. Namun sayangnya banyak yang melalui media konvensional, misal diiklankan di surat kabar maupun ditempel di pinggir-pinggir jalan. Cukup buat blog sederhana, kuasai teknik SEO. Lalu posting deh informasi tanah maupun rumah yang akan dijual 🙂

8. Jasa Lain

Tak cukup ahli dengan beberapa kategori sebelumnya? Tenang saja, masih ada beberapa bisnis lain yang layak untuk dicoba. Apa itu?

a. Jasa hias mahar

Hias mahar pun tak ketinggalan, dengan ketrampilan khusus, usaha ini juga cukup menjanjikan lho. Pernikahan merupakan hal yang paling special, sehingga semuanya harus spesial. Tak perlu pakai telor 😉

b. Laundry

Well, laundry pun kini banyak dilirik lho. Terlebih jika memiliki fasilitas jemput & antar cucian. Pasti tambah banyak pelanggannya.

c. Ojek dan kurir online

Hingga sekarang, kami sudah mencatat ada sekitar 6 usaha ojek maupun kurir online. Namun sayangnya jangkauannya hanya sampai ke Kota Tegal saja. Wilayah Kabupaten Tegal juga hanya sampai Slawi.

d. Barbershop

Nama kerennya adalah barbershop, justru nama tersebut pula yang banyak diminati kaum adam. Barbershop kini mulai menjamur di Tegal. Berikan pelayanan terbaik dan konsep unik agar pelanggan tetap setia potong rambut di tempat Anda.

Masih banyak peluang bisnis lain d Tegal yang belum banyak meliriknya. Yang pasti, jangan lupa gunakan media sosial untuk promosi. Jangan sungkan untuk mencoba endorse ke beberapa akun yang sudah memiliki banyak follower. Selamat mencoba dan semoga sukses 🙂

Foto sampul: idepeluangbisnis

4,009 total views, 3 views today

  • Permisi Mas, ingin menginformasikan Gerakan Amankan Bumi – Green Warrior Indonesia, Program revolusioner dengan visi besar bagi industri Perkayuan Indonesia sekaligus menghijaukan bumi dan memberikan manfaat ekonomi bagi yang peduli dan turut berpartisipasi.

    Manfaatnya :

    1. Pohon yang ditanam menyerap CO2 menghasilkan O2, menahan laju pemanasan global, mencegah banjir, mencegah kekeringan.
    2. Investasi Penanaman Pohon dengan hasil panen kenaikan ROI (Return of Investment) 20 – 60 %/Tahun yang diterima dalam rentang waktu ke 5 dan ke 10
    3. Bisnis Penanaman Pohon yang diterima harian, mingguan, bulanan : Kampanyekan dan referensikan, komisi 8 -20% + Berbagai Bonus

    Dikelola oleh tenaga ahli, legalitas lengkap dan didukung pemerintah.
    Program revolusioner dengan manfaat yang luar biasa 🙂
    Berpahala menyelamatkan bumi sekaligus bermanfaat ekonomi bagi kesejahteraan keluarga.

    Mohon direview terlebih dahulu di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    Terimakasih