POTJI.COM, Inovasi, dan Kelembagaan

potji.com tegalPotji adalah singkatan dari “Portal Tegal Jepangnya Indonesia”. Potji.com adalah situs promosi industri kecil milik Pemerintah Kabupaten Tegal, yang mulai mengudara pada November 2015, hanya sebulan lebih sebelum berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Sebenarnya gagasan yang kemudian diwujudkan oleh potji.com telah muncul sejak lama, sebagai aspirasi sejumlah pelaku IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Kabupaten Tegal. Namun, gagasan tinggal gagasan, tatkala membahas babak realisasi selalu rontok tanpa bekas. Baru kemudian pada awal 2015, Ahmad Thoha Faz masuk arus wacana. Dengan bantuan panturabisnis.com, si penyuluh perindustrian ini membuat wacana internet marketing di kalangan industri kecil mengalir semakin kencang.

Namun, sebagai lembaga rintisan, potji.com tidak memiliki personil tetap, kecuali Ahmad Thoha Faz seorang. Bahkan pada tahun pertamanya, potji.com tidak mendapat alokasi anggaran di APBD reguler. Situasi sulit semacam itu memaksa Thoha berpikir di luar kotak. Sampai “momen aha” datang dan memunculkan solusi.

Sebagai konseptor, lulusan Teknik Industri ITB ini menegaskan bahwa kolaborasi terbuka menjadi pola kerja potji.com. Selain menggandeng DPD KNPI Kabupaten Tegal, potji.com juga mengundang mahasiswa dari sejumlah kampus, baik SMK maupun perguruan tinggi, untuk turut berkontribusi. Pada triwulan I (Januari-Maret 2016), potji.com menjalin kerjasama dengan 5 siswa SMK Negeri 1 Adiwerna (STM ADB), 5 mahasiswa STMIK YMI Kota Tegal, seorang dosen dibantu seorang mahasiswa Ilmu Komputer UI dan 2 mahasiswa UNDIP. Alhasil, Tugas Akhir pertama yang menetas adalah “TINGKAT OPTIMALITAS DAN USABILITAS WEBSITE POTJI.COM KABUPATEN TEGAL” karya Oriza Wahyu Utami, seorang mahasiswi S1 Teknik Industri UNDIP.

 

 

 

747 total views, 2 views today