Sediakan Ini di Dapur Jika Kangen Tegal

Tinggal di perantauan namun  kangen kuliner Tegal tapi tak sempat mudik? Tenang saja, selalu siapkan bahan-bahan ini di dapur jika sewaktu-waktu “ngidam” kuliner-kuliner Tegal.

1. Tauco

soto tauco tegal
Soto tauco by @lenasupangkat

Soto Tauco khas Tegal memang tak ada duanya. Selalu stok tauco yang sudah diberi bumbu yang banyak dijual di toko Jajanan di Tegal. Harganya pun cukup murah. Namun sayangnya tauco yang dijual masih mentah alias harus diberi bumbu sendiri agar lebih  sedap. Tauco bisa tahan beberapa bulan jika disimpan di dalam lemari es. Asalkan terjaga higienitasnya ya. Simpan pada wadah tertutup karena sifat tauco yang berair plus berminyak.

Membuat sotonya pun cukup mudah. tinggal siapkan daun bawang, tauge, kuah kaldu, daging ayam/ sapi, dan tauco. Tauco yang sudah siap pakai tinggal disiram dengan kuah kaldu panas. Dan,,, soto pun siap disantap.

2. Tepung Tahu Aci.

tepung
“Acine”, salah satu produk tepung tahu aci instant

Tahu aci juga sekarang sudah ada tepung instannya. Bahkan sudah ada daun kucainya. tinggal siapkan tahu kulit/ tahu kuning kemudian uleni tepung tahu aci dengan air panas. Lalu lumuri tahu dengan adonan tersebut, lalu goreng. Praktis bukan?

Tepung ini bisa bertahan lama. Simpan di tempat kering. Selain tahu aci, tepung ini pun juga bisa dibuat untuk cireng maupun empek-empek.

3. Tepung Mendoan.

Meskipun bukan khas Tegal, tapi tak lengkap rasanya jika tak menyediakan tempe mendoan saat suasana santai. Tempe medoan yang khas yaitu yang digoreng setengah mateng namun warnanya kuning alami yang menggoda. Tepung ini pun sudah bisa disimpan dan dibuat di rumah, bahkan ketika kita membelinya secara langsung di Banyumas/ Purwokerto, sudah termasuk tempe mentah lebar yang dibungkus daun pisang.

4. Kerupuk Mie

soto tauco tegal
Salah satu pengaplikasian kerupuk mie

Satu bahan untuk semua sajian. Itulah kerupuk. Terus apa istimewanya? Pernah diperhatikan ngga dengan bentuk kerupuknya yg khas, panjang-panjang, berwarna kuning dan rasanya yg gurih? Ya, dengan satu kerupuk ini, bisa melengkapi aneka kuliner khas Tegal lho. Misalnya ponggol, kupat, soto, atau cukup digado dengan nasi Putih hangat pun sudah terasa nikmat.

Kerupuk ini agak susah dicari di kota-kota lain, sehingga, saat mudik, jangan lupa stok selalu kerupuk ini.

Nah, cukup empat bahan itu saja yang bisa menjadi pengobat rindu kuliner khas Tegal. Ada yang mau menambahkan atau pesan? 😀

1,621 total views, 3 views today