Kamus Tegal – Indonesia oleh M. Hadi Utomo

kamus bahasa Tegal - IndonesiaKenal dengan pak Hadi Utomo? Salah satu tokoh budayawan dari Tegal yang hingga kini masih setia melestarikan bahasa Tegal. Baik melakui seminar-seminar hingga dikumpulkan menjadi sebuah buku. Buku yang disusun pada tahun 2013 ini memiliki sekitar 8.000 kosakata yang lazim digunakan oleh penutur bahasa Tegal. Ada yang merupakan kosakata asli, maupun serapan dari bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

Buku yang memiliki jumlah halaman hingga 296 halaman tidak dapat ditemui di toko-toko buku, karena produksinya sendiri berdasarkan pemesanan. Namun tentu saja bagi kami, buku ini sudah sangat cukup membantu mempelajari kosakata Tegal yang kadang masih terasa asing ditelinga orang Tegal sendiri. Arti yang disajikan pun sederhana, sehingga mudah untuk dipahami.

Untuk memesannya, bisa kontak Pak Hadi Utomo secara langsung, bisa melalui FBnya dengan nama Pak Hadi Bahasa Tegal. Atau sowan langsung ke rumah beliau di Adiwerna.

Tujuan penerbitan buku tersebut menurut pak Hadi adalah sekiranya dapat melengkapi usaha-usaha untuk merawat dan melestarikan bahasa Tegal sebagai bahasa ibu dan warisan budaya.

1,412 total views, 5 views today