Wali Kota Tegal Terima Gelar Kehormatan dari Keraton Solo

Walikota Tegal Terima Gelar Dari Keraton SoloSURAKARTA – Walikota Tegal Hj. Siti Masitha Soeparno diberi gelar kehormatan Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) oleh Keraton Surakarta Hadiningrat.

Prosesi acara Wisudan dilaksanakan oleh Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Kusumo Sangkoyo, Pengangeng Kantor Karti Projo Keraton Surakarta Hadiningrat, di Keraton Surakarta, Minggu (02/05). Wisudan dihadiri dan disaksikan oleh Plt. Sekda Kota Tegal Dyah Kemala Sintha, SH, MH, Asisten I Drs. Imam Badaruddin, Asisten II Herlien Tedjo Oetami, SH dan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal dan Dharma Wanita Kota Tegal.

Prosesi Wisudan diawali dengan lampah atau cara berjalan untuk mendapatkan sertifikat gelar kebangsawanan secara simbolis. Usai prosesi Wisudan, Walikota Tegal resmi menyandang gelar Kanjeng Mas Tumeggung (KMT) Hj. Siti Masitha Soeparno.

Kemudian sertifikat asli gelar kehormatan diberikan oleh Pengageng Sasana Wilapa Keraton Keraton Surakarta Hadiningrat Dra. GKR Kusumurtiah Wandansari, MPd atau Sekretaris Keraton Surakarta. Menurut KGR Kusumurtiah, penganugerahan gelar tersebut dalam rangka memperingati Hari Besar Raja Karaton Solo Jumenengan ISKS Paku Buwono XIII, 25 Rejeb JE 1437, atau tanggal 1 Mei 2016.

Selain Walikota Tegal, Karaton Solo sekaligus memberikan gelar kehormatan kepada sejumlah Abdi Dalem, dan sejumlah tokoh-tokoh masyarakat di luar lingkungan Karaton Solo juga kepada tokoh-tokoh masyarakat di Lingkungan Karaton Solo juga kepada tokoh-tokoh berbagai negara ASEAN dan Eropa yang berkelanjutan dan seterusnya tercatat sebagai Kerabat Karaton Solo.

Walikota Tegal Terima Gelar Dari Keraton Solo“Gelar yang diberikan adalah Gelar Budaya, bagi penerima gelar seterusnya tercatat sebagai kerabat Karaton Solo. Dengan gelar ini menjadi amanah bagi bapak ibu untuk meningkatkan peran serta dalam menjaga amanah tersebut dimanapun berada,” pinta GKR Kusumurtiah Wandansari.

Walikota Tegal usai menerima gelar KMT mengaku bangga dengan gelar kehormatan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadininingrat. Walikota mengatakan akan berupaya menguri-nguri budaya Jawa dengan sebagai amanah telah diterimanya gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat. “Siap berupaya menguri – menguri budaya Jawa dan melestarikan sekaligus mengembangkan budaya Jawa khususnya dimanapun berada,” ungkap Walikota.

Selain Walikota Tegal, secara bersamaan juga dilaksanakan pemberian gelar kehormatan kepada Kajeng Raden Aryo Tumenggung Johanes Hendry Indraguna Pradotodiningrat, SH, ST, MBA, Walikota Bau Bau Sulawesi Tenggara Kanjeng Raden Tumenggung Drs. H. A. S. Tamrin Reksonagoro, MH , Kanjeng Raden Tumenggung Firdhonal Kridhonagoro, SH, Kanjeng Raden Tumenggung DR, Michael Josef Widijatmoko Wreksonagoro, SH, Sp.N, Kanjeng Raden Tumenggung Dr. Irawan Soerodjo Hadiningrat, SH, M.Si, Bupati Kepulauan Talaud Sulawesi Kanjeng Mas Tumenggung Sri Wahyumi Maria Manalip Puspaningtyas, SE, Bupati Tarutung Kanjeng Raden Tumenggung Drs. Nikson Nababan Kriyonagoro dan Ketua DPRD Pemalang HM. Agus Sukoco, SE, MM, M.Si.

Walikota Bau Bau mengatakan sesuai permintaan Wilapa akan menjalankan dengan mendekatkan diri kepada masyarakat keturunan Jawa di Bau-Bau dan bersama-sama melestarikan dan mengembangkan budaya serta persatuan di bawah NKRI.

Sumber: Pemkot Tegal

952 total views, 4 views today