Kota Tegal Diajukan Jadi Kota Pusaka Dunia

siti masitha pemkot tegal

siti masitha pemkot tegalWali Kota Tegal, KMT. Hj. Siti Masitha menyatakan saat ini tengah mengajukan Kota Tegal menjadi Kota Pusaka Dunia di bawah naungan OWHC (The Organization of World Heritage Cities). Saat ini Pemkot sedang melakukan inventarisasi cagar budaya sehingga dalam komunitas ini dapat ikut melestarikan cagar budaya yang dimiliki Kota Tegal. “Dengan mengangkat kesenian dan bangun cagar budaya di Kota Tegal. Misi Kota Tegal salah satunya dengan mempertahankan aset-aset budaya,” kata Masitha saat menghadiri Strategic Meeting of World Heritage Cities Asia Pasific di Denpasar, Bali kemarin (8/8). Dia menyampaikan, selain inventarisasi aset budaya, dia juga mengajak generasi muda Kota Tegal melalui simposium budaya dan pendidikan untuk memahami dan melestarikan adat istiadat, kesenian, dan bangunan sejarah.

Generasi muda juga diajak untuk tidak melupakan sejarah dan ikut mempelajari serta mempromosikannya. “Untuk mewujudkan itu, Pemkot telah melalukan kegiatan-kegiatan eksternal seperti simposium di sekolah dan mengadakan acara tingkat nasional,” kata dia.

Sementara itu, dalam pembicaraan dengan Sang Wook Lee selaku Regional Coordinator OWHC Asia Pasifik, Siti Masitha memaparkan potensi Kota Tegal. “Harapannya, dari pembicaraan dan langkah yang sudah dilakukan, Kota Tegal secepatnya dapat menjadi anggota OWHC Asia Pasifik,” kata Masitha.

Untuk mewujudkan itu menurut Pemerintah Kota Tegal telah melalukan kegiatan – kegiatan eksternal seperti simposium di sekolah, mengadakan event nasional. Walikota juga menjelaskan dalam peringatan HUT ini tahun ini Pemerintah Kota Tegal juga akan mengajak anak-anak untuk memahami kemerdekaan melalui warisan budaya.

Sumber: Pemkot Tegal, Suara Merdeka

3,061 total views, 2 views today

Related posts

  • Wisnu

    Delusi.