Ini yang Unik dari Sate Tegal

Sate Kambing Khas TegalDUA jenis sate yang populer di Indonesia adalah sate ayam dan sate kambing tapi keduanya dibagi lagi berdasarkan ciri khas dan asal daerahnya. Bumbu yang kerap menjadi pelengkap juga kebanyakan bumbu kacang dan bumbu kecap. Tapi tahukah Anda sate tegal tidak dimakan bersama sambal kacang lho.

Hal ini dikatakan selebriti Chef Muto yang dikenal dengan julukan kung fu chef saat dihubungi Okezone via sambungan telepon. “Ciri khas sate tegal tidak pernah pakai bumbu kacang, yang dipakai hanya bumbu kecap,” kata Chef Muto, Selasa (11/10/2016).

Pria ramah berdarah asli Tegal, Jawa Tengah ini menjelaskan bumbu kecap yang digunakan adalah campuran antara kecap manis, irisan cabai rawit dan bawang merah. “Pakainya bumbu kecap, bawang merah dan cabai diiris lalu dicampur. Terkadang penjual juga menyajikan bawang putih halus di piring terpisah. Ada yang doyan silahkan pakai, kalau yang enggak doyan ya enggak dicampur,” lanjut Chef Muto.

Ada lagi hal yang membuat sate (kambing) tegal memiliki ciri khas yakni tidak dimasak menggunakan garam. “Daging atau sambal kecapnya enggak pakai garam sama sekali jadi rasa gurihnya asli alami dari kambing yang segar,” pungkas Chef Muto.
(ndr)

Sumber: Okezone

1,858 total views, 1 views today