Wow! Pantai Alam Indah Akan Disulap Menjadi Pantai Pasir Putih

Penataan Kawasan Pantai Alam Indah Tegal
Walikota Tegal dalam rangka monitoring pembangunan kawasan PA’I

Pemkot Tegal kembali memberikan wacana mengenai pembenahan kawasan wisata Pantai Alam Indah atau biasa disebut PA’I pada hari Kamis kemarin (27/10). Hal tersebut diungkapkan oleh KMT. Hj. Siti Masitha Soeparno selaku Walikota Tegal dalam rangka monitoring pembangunan kawasan PA’I.

Awalnya lahan akan diperluas dari 12 Ha menjadi 16 Ha (direncanakan 68 Ha) yang tentu saja akan merubah total PA’I dari 3 KM garis pantai akan jogging track sepanjang 1 KM dan 2 KM akan dibuat pantai pasir putih. Kios-kios pedagang pun akan dibuat menjadi lebih terbuka, tidak seperti sekarang yang digunakan juga sebagai tempat tinggal. Sehingga PA’I akan memiliki juga kawasan kuliner yang lebih tertata rapih.

Untuk kawasan penghijuan yang terlalu rimbun pun akan ditata ulang, parkiran kendaraan yang terlalu lemjorok dengan bibir pantai juga akan dipindah ke selatan lagi. Gerbang PA’I sebelah timur pun akan dipindah ke selatan lagi dibuat lebih indah dengan lampu-lampu yang akan tetap menyala meskipun pada malam hari. Tak hanya itu juga, PA’I  pun akan dipasang lampu penerangan setinggi 25 meter di empat titik. Sehingga PA’I akan tetap moncer walau di malam hari.

Kesemua perubahan tersebut ditarget akan dimulai pada tahun 2017 dan selesai pada 2018 dengan anggaran sekitar 30 milyar. Jika kita menilik kembali ke belakang, tepatnya sekitar tahun 2013 saat masa kepemimpinan H. Ikmal Jaya, SE, Ak dalam programnya Tegal Pariwisata 2014, perubahan PA’I dianggarkan sekitar 100 milyar dengan salah satu perubahannya adalah mengganti pasirnya dengan pasir putih, namun sayangnya hingga masa akhir periode, perubahan PA’I belum terrealisasi (baca: DPRD Tegal Dukung Rencana Pemkot Kembangkan Objek Wisata PAI). Kita do’akan saja agar program tersebut terrealisasi sehingga PA’I tetap menjadi destinasi andalan wisata di Kota Tegal.

Sumber: Pemkot Tegal

 

8,382 total views, 4 views today