Kampung Dongeng Tegal

Kampung Dongeng TegalSiapa yang suka mendongeng? Atau kapan terakhir kali didongengin? Mungkin banyak yang menjawab sudah lama sekali ya. Tapi tenang saja, di Tegal kini sudah ada komunitas pendongeng lho. Namanya Kampung Dongeng Tegal, bisa juga disebut Kado Tegal atau Kampung Dongeng Poci.

Seperti apa sih kegiatann Kado Tegal? Ada sanggar kampung dongeng yang buka kelas di setiap Sabtu di Jl. Pisang Kota Tegal, ada Kado akhir pekan, Kado Keliling ke sekolah-sekolah, pelatihan mendongeng, dan happy famgath, semacam outbound bareng keluarga dan diakhiri dengan dongeng. Wah seru juga yah.

Cerita dongengnya pun tak hanya kancil nyolong timun saja lho, namun ceritanya diikuti perkembangan jaman. Namun masih tetap menyisipkan  cerita tentang kebaikan, akhlak, dan moral. Selain mendongeng, kadang juga diselingi dengan hiburan seperti sulap, pantomim, menyanyi, beat box, dan menyanyi. Jadi dipastikan adik-adik kecil kita tidak akan merasa bosan. Terlebih setiap pendongeng mempunyai tokoh-tokoh sendiri yang divisualisasikan sebagai boneka. Sebut saja Kak Dina yang memiliki boneka yang bernamaAnis yang pemalu, kak Dina yang berani, dan pak Tanam yang suka menanam.

Kado Tegal berkeliling sekolah, lembaga atau instansi sekaligus mencari anak yang ingin belajar mendongeng atau suka dengan pengembangan otak kanan. Nah kemudian dimasukan ke dalam Sanggar Kado yang nantinya akan dibimbing untuk berkreasi, berekspresi, dan percaya diri. Nanti disetiap akhir pekan, ada yang namanya panggung kreasi anak-anak. Di situ anak-anak akan menampilkan bakat mereka.

Kado Tegal sendiri sudah sekitar lima tahun berdiri dengan inisiator awal Kak Tedi yang memang sudah concern di dunia anak-anak. Kebetulan beliau merupakan pegawai perpustakaan yang sering membawa mobil perpustakaan keliling. Sembari membaca, dapat bonus dongeng. Meskipun bukan Kampung Dongeng bukan berasal dari Tegal, namun programnya bisa diadaptasi menyesuaikan lingkungan orang-orang Tegal. Jadi bisa dikatakan program ini sangat bermanfaat bagi perkembangan anak.

Tertarik untuk mendongeng atau mengundang Kado Tegal untuk datang ke sekolahmu? Hubungi saja Kak Dina – 085642719616.

789 total views, 5 views today