Kelas Inspirasi Tegal, Hari Bersama-sama Menginspirasi

Kelas Inspirasi TegalSudah sering dengar dong dengan komunitas Kelas Inspirasi? Itu lho dimana orang-orang dari berbagai macam profesi yang berbagi cerita kepada adik-adik yang masih duduk di bangku SD agar bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi mereka untuk masa depan mereka. Kemarin pagi (12/11) merupakan hari inspirasi bagi Kelas Inspirasi Tegal. KI (Kelas Inspirasi) Tegal memilih tanggal tersebut karena masih suasana hari pahlawan.

Ada sekitar 20 sekolah yang tahun ini menjadi target, yaitu 12 SD & 4 MI (Madrasah Ibtidaiyah) di Kabupaten Tegal dan 4 SD di Kota Tegal. SD yang dipilih sebelumnya sudah disurvey terlebih dahulu yang kriterianya seperti termarginalkan, yang siswa-siswinya minat untuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi masih kurang, dan lingkungan sosial yang tak mendukung untuk melanjutkan sekolah.

Kelas Inspirasi TegalSetiap kelompok atau di satu sekolah ada yang bertugas sebagai fasilitator, inspirator, dan dokumentator. Semua tugas tersebut sama pentingnya, karena saling mengisi. Sebut saja dokumentator, tak hanya sebagai tim untuk mendokumentasikan kegiatan saja, nanti juga kebagian jatah untuk mengisi di kelas. Wah! Setiap relawan pengajar (inspirator) diberi waktu sekitar 30-35 menit dan nanti bergilir berganti kelas. Metode pengajarannya juga sudah diberi “kisi-kisinya”. Pada sesi akhir acara, ada berbagai macam metode clossing (penutupan), diantaranya dengan Surat pos Cita-cita. Nantinya setiap siswa dibagikan kartu pos yang nanti harus diisi nama dan cita-citanya. Kemudian kartu pos itu dikumpulkan atau dimasukkan ke dalam kotak pos cita-cita dan akan dikembalikan saat pembagian raport. Seru yah, ada rasa gimana gitu jika membaca impian-impian adik-adik kita.

Kelas Inspirasi Tegal

Untuk inspiratornya sendiri ada sekitar 261 pendaftar dari berbagai macam profesi. Banyak banget kan? Ada guru, anggota TNI, Polisi, karyawan, manager, atlet, dan banyak lainnya. Bahkan ada beberapa Kepala Dinas di lingkup SKPD Kab. Tegal yang turut andil dalam kegiatan ini sebagai Relawan Pengajar (pengajar) Semuanya atas dasar sukarela, bebas kepentingan, gratis, siap belajar, turun tangan langsung, silaturahmi, dan tulus.

KI Tegal sendiri baru berjalan dua tahun ini, di tahun kedua ini terlihat lebih matang dan mampu menggaet banyak profesi. Sukses selalu untuk Kelas Inspirasi Tegal.

428 total views, 1 views today