Tabuhan Gamelan Iringi Kirab Pataka di Kabupaten Tegal

Kirab Pataka di Tegal
Kirab Pataka di Tegal
Prosesi Serah Terima Pataka

Esok (18/05) adalah hari jadi Kabupaten Tegal yang ke-416. Adapun rangkaiannya sangat panjang, namun salah satu yang menarik minat kami adalah prosesi penyerahan pataka yang sebelumnya di simpan di Pemkab Tegal, dikembalikan lagi ke asalnya (keluarga Kalisoka) dan diarak keliling kabupaten Tegal dengan pawai yang sangat meriah tentunya.

Iringan Gamelan dalam Kirab Pataka
Iringan Gamelan dalam Kirab Pataka

Prosesi berawal dari pengembalian pataka yang dilaksanakan kemarin (16/05) di belakang kantor Pemkab Tegal, kemudian di bawa ke Kalisoka, kecamatan Dukuhwaru, Kab. Tegal. Pada keesokan harinya (17/05) dilaksanakan prosesi penyerahan pataka atau pakta integritas dari camat Dukuhwaru ke keluarga Kalisoka dengan rangkaian upacara yang menggunakan bahasa Jawa Krama. Mirip seperti obrolan ketika akan melaksanakan pernikahan.

Bupati Tegal, dalam Rangka Kirab Pataka
Bupati Tegal, dalam Rangka Kirab Pataka

Selanjutnya pataka dikirab menggunakan mobil ke arah Monumen GBN Slawi dan selanjutnya kirab budaya dengan seluruh masyarakat kabupaten Tegal yang terbagi ke dalam beberapa kelompok daerah dengan mengenakan baju Tegalan, SKPD, pabrik teh Poci, kesenian calung, kuntulan, dan masih banyak lagi. Ada pula gunungan hasil bumi yang diarak ramai-ramai menuju Rumah Dinas Bupati.

797 total views, 1 views today

Related posts