Bersepeda dan Beramal Bersama K2P Bregas

K2P Bregas saat agenda gowes di kawasan Gunung Gajah

Saat ini bersepeda bisa jadi merupakan olahraga yang tengah diminati oleh masyarakat.  Maka tidak ada salahnya jika kita bergabung dengan salah satu komunitas sepeda sebagai ajang silaturahmi antar sesama goweser (penghobi sepeda).

Komunitas Dua Pedal Bregas (K2P Bregas)  adalah salah satu contoh dari komunitas sepeda yang  berada di regional wilayah Brebes, Tegal dan Slawi.  Awalnya komunitas ini digagas oleh oleh 4 goweser Tegal yang saat itu melakukan touring ke kawasan Baturaden bersama perkumpulan Komunitas 2 Pedal Community (Indonesia) dari Kota Lain. Diawal pendiriannya (12 Oktober 2016), komunitas ini hanya terdiri dari beberapa goweser saja, namun seiring dengan waktu, anggota komunitas bertambah. Saat ini tercatat hampir 70 goweser aktif dalam komunitas ini.

K2P Bregas di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cab. Slawi
K2P Bregas di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Cab. Slawi

Bulan Ramadhan, bulan yang dinanti-nanti umat muslim, karena Ramadhan memiliki banyak keberkahan, keutamaan dan berbagai keistimewaan tersendiri. Amalan sholeh kita di bulan Ramadhan akan mendapatkan balasan berlipat ganda. Amalan yang baik untuk dikerjakan di bulan Ramadhan ini salah satunya yaitu memuliakan anak yatim dengan memberikan sedekah atau santunan kepada mereka. Anak-anak yatim, merupakan amanah Allah SWT yang dititipkan kepada kita, mereka adalah bagian dari potret hidup yang menggambarkan, bahwa sesungguhnya “sangat tidak nyaman” ketika seorang anak tidak memiliki ayah sebagai pelindung, memberinya makan dan pakaian, dan hal kebahagiaan yang lainnya. Mereka juga bagian dari ujian terhadap keimanan hamba, mengingatkan akan pentingnya makna ukuwwah, takaful dan kasih sayang. Mereka-lah sumber cahaya, yang dapat melunakan hati yang keras, mengenyahkan sifat sifat bahil/ kikir terhadap harta, serta menjadi sarana bagi dibukanya pintu-pintu rezeki.

Atas dasar inilah Komunitas 2 Pedal Bregas terketuk untuk bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya di bulan Ramadhan 1438H ini. Dalam kesempatan Ramadhan ini mereka melakukan serangkaian kegiatan sosial kemasyarakatan. Komunitas K2P Bregas mengumpulkan dana donasi dari para anggotanya untuk agenda sosial ini

K2P Bregas di Rumah Yatim Bina Anak Sholeh Slawi
K2P Bregas di Rumah Yatim Bina Anak Sholeh Slawi

Kegiatan diawali di sore harinya pada tanggal 10 Juni 2017. Para anggota komunitas membagikan takjil Ramadhan kepada pemakai jalan raya dikawasan 407 (Ujungrusi) serta donasi berupa uang tunai untuk membatu proses rehabilitasi masjid Salamatud Daroin Ujungrusi. Kegiatan dilanjutkan acara buka puasa bersama para anggota komunitas dan sholat tarawih berjamaah. Ba’da sholat tarawih, mereka berkumpul dan melakukan kegiatan night ride (bersepeda di malam hari). Rute yang dituju adalah 2 panti asuhan di wilayah Slawi yaitu Rumah Yatim Bina Anak Sholeh dan Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Slawi guna menyalurkan santunan dari donasi yang telah terkumpul sebelumnya. Selepas acara santunya anak yatim seluruh peserta malam itu bersepeda mengelilingi wilayah Kota Slawi.

Sebuah kenikmatan tersendiri ketika berolah raga disertai dengan kegiatan sosial, terlebih di bulan yang penuh suci Ramadhan ini. “Harapan saya kegiatan ini bisa terlaksana kembali dengan baik di Ramadhan tahun depan”, ucap Pak Amron selaku Ketua Komunitas 2 Pedal Bregas. Bagi kamu goweser yang tertarik ingin bergabung dengan komunitas ini, bisa melalui facebook group di : Komunitas 2 Pedal BREGAS

 

Penulis : Alas Perdu

Foto : K2P Bregas

1,011 total views, 4 views today

Related posts