Tahu Nikah (Nigari Kacang Merah) ala Mahasiswi Tegal

Tahu Nikah Tegal

Tahu Nikah TegalProduk olahan kacang merah menjadi Tahu NIKAH merupakan hasil dari PKM-K (program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan) oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang Jurusan, yang diketuai oleh Inayatun Ilahiyyah, dibawah bimbingan ibu TRI Astuti, S.Pd., M.pd. PGSD UPP Tegal. Kegiatan penjualan Tahu NIKAH dilakukan pada tiap hari minggu di Alun-Alun Slawi Tegal dan sudah berjalan sejak  bulan Apri 2017l. Kegiatan tersebut sebagi bentuk realisasi dari kegiatan PKM-K yang diselenggarakan oleh KEMENRISTEKDIKTI.

Tahu Nikah yaitu tahu dengan bahan dasar kacang merah dan dengan pengental nigari. Tahu Nikah merupak produk tahu inovasi terbaru  sebagai bentuk diversifikasi makanan sehat yang ramah lingkungan. Kelebihan tahu NIKAH dibanding dengan tahu kedelai biasa yaitu dari bahan dasar pembuatannya adalah Kacang merah yang mengandung kadar serat yang lebih tinggi dan kadar lemak yang lebih rendah dari kacang-kacangan lainnya. Keunggulan pengolahan tahu NIKAH yang menggunakan pengental nigari tidak menghasilkan limbah yang  mencemari lingkungan, serta lebih hemat pengguaaan air dalam  proses pembuatannya. Jargon Tahu NIKAH yaitu SHUER yaitu sehat, halal, unik, enak dan ramah lingkungan.

Produk yang dijual yaitu Tahu Nikah mentah yang belum diolah  dan bentuk olahan lainnya yang berbahan dasar tahu NIKAH seperti yang pertama Dimsum Nigari Kacang Merah (DINIKAHI) merupakan produk dengan kulit pangsit yang didalamnya diisi tahu nikah berbumbu dan irisan wortel. Produk ini dijual dalam bentuk goreng maupun kukus. Yang kedua  Brownies Kacang Merah (BROKARAH) diolah dari kulit ari kacang merah yang dicampur dengan bahan-bahan brownies lainnya. Yang ketiga Puding Nigari Kacang Merah (PURIKARAH) dibuat dari air rebusan sari kacang merah dan tepung agar-agar. Keempat produk Tahu Nikah dijual dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp.1000,00 sampai dengan Rp.4.000,00..

Prospek penjualan Tahu NIKAH sangat baik, produk tahu NIKAH banyak diminati masyarakat Kota Tegal dan masyarakat umum, penjualan secara onlien juga dilayani melalui media sosial seperti  facebook (https://www.facebook.com/lokika.nityamadhita dan Grup Tahu Nikah), instagram (@tahunikah),whatsapp(083837192390) dan  BBM 5255F685

404 total views, 4 views today

Related posts